Opening Remarks oleh Inspektur Jenderal dalam Seminar Internasional

oleh System User, diterbitkan pada 2015-11-11 00:00:00
Berita Utama


Rabu, 11 November 2015

Pukul 09.30 WIB, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin memberikan Sambutan dalam acara International Seminar dengan tema “Unleashing the Potential of Financial Management Information System for Improved Government Effectiveness” di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Diawali dengan sambutan hangat dan ucapan terima kasih atas partisipasi para peserta baik dari internasional maupun nasional, Badaruddin menyampaikan tujuan seminar Internasional ini diadakan untuk meningkatkan  kesadaran akan urgensi SPAN – Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara yang telah diluncurkan pada bulan April 2015 oleh Presiden Joko Widodo – dan untuk bertukar pikiran mengenai bagaimana membangun SPAN demi memperbaiki efektivas pelayanan publik pemerintah.

“Seminar ini juga bertujuan untuk membawakan pengalaman implementasi FMIS (Financial Management Information System) untuk beberapa negara terutama pengalaman Vietnam termasuk tantangan dalam pengoperasian, pemeliharaan dan pemantapan sistem tersebut”, jelas Badaruddin saat pembukaan seminar yang dihadiri oleh 450 peserta dari berbagai negara, institusi internasional seperti World Bank, The Europe Union, beberapa perwakilan kedutaan, OECD, IMF, JICA dan peserta nasional seperti DPRI-RI, pegawai Kemenkeu RI dan akademisi.

Selanjutnya Badaruddin menyampaikan harapan agar seminar ini dibawakan sehingga setiap peserta dapat memiliki pemahaman yang sama mengenai pentingnya SPAN. Pada akhir sambutan, Inspektur Jenderal kembali mengingatkan agar para peserta turut berperan aktif dalam menyampaikan ide masing-masing tanpa hambatan bahasa, karena penyelenggara telah menyediakan penerjemah yang berkompeten. “Silahkan bertanya kepada panitia kami jika ada sesuatu yang Anda butuhkan untuk membuat Anda lebih nyaman dalam seminar ini. Semoga anda menikmati seminar ini. Dan untuk tamu internasional kami, silahkan menikmati kunjungan anda di Indonesia, negara yang penuh kekayaan budaya dan keindahan alam”, ucap Inspektur Jenderal seraya mengakhiri sambutan pembukaan.

Kemudian, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang S. Brodjonegoro menyampaikan dalam keynote speech bahwa, “Fitur utama dari SPAN adalah otomatisasi, yang mendukung penelusuran audit untuk meningkatkan transparansi dalam manajemen keuangan negara dan integrasi dari beberapa sub-modul untuk manajemen keuangan negara. Dengan menggunakan model SPAN, kami akan terus memperbaiki manajemen perencanaan, perbendaharaan, pajak, bea tarif dan cukai”.

Pukul 15.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Mr. Nguyen Hong Ha, Director General, State Treasury The Ministry of Finance of the Socialist Republic of Vietnam berkenan berkunjung ke Inspektorat Jenderal guna sharing session lebih mendalami pengalaman pemerintah Vietnam dalam pembangunan SPAN agar selanjutnya dapat diimplementasikan di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia demi reformasi keuangan negara. (YPT/CDR)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN