Berbagi Peran Membangun Negeri, Berbagi Peran Memberantas Korupsi

oleh System User, diterbitkan pada 2015-12-11 00:00:00
Berita Utama Galeri


(Foto : www.kompasiana.com)
 

Bandung – Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Antikorupsi Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 9 Desember, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/ Badan Usaha Milik (BUMD), Pemerintah Daerah, dan komunitas penggiat anti korupsi di Indonesia, menyelenggarakan Festival Antikorupsi mulai tanggal 11 Desember s.d. 12 Desember 2015. Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), acara dibuka oleh sambutan dari Menko Polhukam, Luhut Binsar Panjaitan membacakan pidato Presiden Jokowi yang berhalangan hadir karena kondisi kesehatan yang kurang baik.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemberantasan korupsi dimulai dari upaya –upaya pencegahan dan ketegasan aparat penegak hukum. Kerjasama antara eksekutif dan legislatif, serta bahu membahu antar lembaga penegak hukum. Dan tidak lupa, keterlibatan rakyat untuk mengawasi. Selain itu, pemerintah harus melakukan percepatan reformasi birokrasi khususnya e-government untuk meningkatkan pelayanan public dan akuntabilitas.

Inspektorat Jenderal dan seluruh eselon I Kementerian Keuangan turut berpartisipasi dalam stand/booth yang informatif, menyampaikan informasi berupa langkah-langkah yang telah diambil Kementerian Keuangan dalam upaya pemberantasan korupsi dan produk layanan unggulan Kementerian Keuangan. Pemanfaatan Whistleblowing System (Wise) sebagai sarana pengaduan masyarakat dan pengelolaan Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) yang berbasis aplikasi merupakan salah satu produk layanan Inspektorat Jenderal sebagai upaya pemberantasan korupsi.

Selain diisi stand/booth yang informatif bagi para pengunjung, Festival Antikorupsi juga diisi acara talkshow yang diisi oleh tokoh-tokoh nasional yang dikenal luas di kalangan masyarakat sebagai tokoh yang vokal dalam upaya pemberantasan kosupsi. Di hari pertama, tokoh-tokoh sepeti Sudirman Said (Menteri ESDM), Ignasius Jonan (Menteri Perhubungan), dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) hadir dalam acara talkshow dengan tema “Berbeda untuk Berubah”.

(PUTRA)