Kunjungan Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap Pelaksanaan Telaah Sejawat di Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan

oleh Angga Rindra, diterbitkan pada 2016-06-09 01:51:36
Berita Utama



Jakarta, 2 Juni 2016 – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Daryanto, Ak., M.I.S., M.Comm., D.Dip.Com., QIA, CA, selaku Ketua Komite Telaah Sejawat Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) meninjau pelaksanaan Telaah Sejawat pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Pelaksanaan Telaah Sejawat tersebut di mulai pada tanggal 30 Mei 2016 dan akan berakhir pada tanggal 10 Juni 2016.

Sebagai jawaban atas tuntutan para pemangku kepentingan akan kualitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), maka AAIPI mendorong dilakukannya program penjaminan dan pengembangan mutu dengan cara Telaah Sejawat oleh APIP lainnya. Telaah sejawat sendiri dilaksanakan setiap tiga tahun sekali oleh APIP terhadap APIP lainnya. Untuk menjaga independensi maka telaah sejawat tidak dilakukan secara resiprokal (saling telaah).

Telaah Sejawat dimaksudkan antara lain untuk melakukan penilaian terhadap efisiensi dan efektivitas organisasi APIP sesuai dengan visi, misi, tugas dan fungsinya, serta harapan pimpinan tertinggi organisasi; menyatakan pendapat tentang kesesuaian aktivitas APIP dengan Standar Audit; dan memberikan saran perbaikan kinerja APIP agar dapat memberikan nilai tambah kepada organisasi, dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor yang berkompeten dan dilengkapi dengan pedoman kerja yang memadai.

Diharapkan dengan Telaah Sejawat, kualitas APIP di Indonesia akan meningkat dan semakin menjamin mutu pengawasannya.

ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN