Sertijab Menteri Keuangan, Baru tapi Lama

oleh Yohana Tiara Eka Putri, diterbitkan pada 2016-07-28 08:39:54
Berita Utama Liputan Utama Galeri




Jakarta – Rabu, 20 Juli 2016, suasana Gedung Djuanda Kantor Pusat Kementerian Keuangan ramai dan penuh sesak oleh pegawai Kementerian Keuangan, yang sejak siang menunggu kehadiran Sri Mulyani Indrawati, yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang P.S. Brodjonegoro. Suasana bahagia terpancar pada wajah para pegawai yang berdiri di kanan-kiri pintu masuk Gedung Djuanda I. Antusiasme menyambut Menteri Keuangan yang baru nampak sangat kentara di kerumunan pegawai tersebut.

Sri Mulyani Indrawati hadir di Kantor Pusat Kementerian Keuangan mengenakan setelan biru dan batik, nampak serasi dengan suasana bahagia di sore itu. Acara Serah Terima Jabatan dilaksanakan di Aula Mezanine, Gedung Djuanda I dan dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan, serta beberapa tamu undangan. Tamu undangan yang hadir di antaranya Menteri Keuangan periode 2013-2014, Chatib Basri serta para anggota DPR RI dari Komisi XI dan Badan Anggaran.




Dalam pidato perpisahannya, Bambang P.S. Brodjonegoro mengutarakan harapan agar kondisi keuangan negara maupun ekonomi makro menjadi lebih baik, pergerakan denyut ekonomi semakin kencang, dan APBN semakin berkualitas di bawah kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati. Beliau juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan yang telah membantunya selama bertugas, baik sebagai Menteri Keuangan maupun Wakil Menteri Keuangan.

Demikian juga dengan Sri Mulyani Indrawati, beliau mengutarakan terkait arahan Presiden Jokowi bahwa tugas yang harus diemban adalah untuk memerangi kemiskinan, mengurangi kesenjangan, menciptakan kesempatan kerja, dan mengembalikan kepercayaan publik. Beliau meminta dukungan DPR dengan kerja sama yang positif sehingga Kementerian Keuangan mampu melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal sesuai dengan keinginan rakyat yang disuarakan oleh anggota DPR. Beliau juga berharap agar jajaran Kementerian Keuangan selalu memperbaiki kinerja, karena Kementerian Keuangan sangat penting dan menjadi harapan masyarkat, sebagai cerminan kualitas birokrasi secara keseluruhan. Semoga Kementerian keuangan akan memberikan suatu kepercayaan terhadap kinerja birokrasi Republik Indonesia.

Dukungan dari media juga dirasa sangat penting. Media sebagai partner Kementerian Keuangan menyuarakan program-program pemerintah yang tercermin dalam kebijakan fiskal. Media juga menjadi partner yang jernih dalam menciptakan suasana yang kondusif, sehingga masyarakat, dunia usaha, dan stakeholders lainnya memiliki pemahaman dan kepercayaan akan kredibilitas kebijakan Kementerian Keuangan.




Acara diakhiri dengan ucapan selamat kepada Menteri Keuangan yang baru oleh para tamu undangan dan seluruh jajaran Kementerian Keuangan, dan ucapan perpisahan kepada Menteri Keuangan periode sebelumnya, kemudian dilanjutkan ramah tamah.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN