Rapat Penjaminan Mutu Telaah Sejawat AAIPI

oleh Yohana Tiara Eka Putri, diterbitkan pada 2016-08-08 04:11:30
Berita Utama Liputan Utama




Jakarta – Berdasarkan telaah sejawat yang telah dilakukan oleh beberapa Kementerian lain terhadap Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu), Inspektorat VII mengadakan rapat penjaminan mutu (quality assurance) telaah sejawat AAIPI pada Kamis, 4 Agustus 2016. Acara yang bertempat di Ruang Rapat Gedung Djuanda II Lantai 12 ini dibuka oleh Inspektur VII, Roberth Gonijaya, yang mewakili Ketua Umum AAIPI Kiagus Ahmad Badaruddin.




Peserta rapat merupakan Tim Telaah Sejawat dari beberapa Itjen Kementerian, seperti Inspektorat Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Itjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Itjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Itjen Kementerian Agama (Kemenag), Itjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan tentu saja Itjen Kemenkeu. Selain itu, hadir pula Tim Quality Assurance dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Empat dari enam tim tersebut telah melakukan telaah sejawat, yaitu Itjen Kemenkeu, Itjen Kemendikbud, Itjen KKP, dan Itjen Kemenhub. Dua tim lainnya, Itjen Kemenag dan Bappenas, akan melakukan telaah sejawat pada pertengahan Agustus.




Dalam rapat ini, empat tim yang telah melakukan telaah sejawat tersebut memaparkan hasil dari telaah sejawat. Kemudian Tim Quality Assurance memberikan tanggapan atas hasil telaah sejawat empat tim tersebut. Selanjutnya, para Tim Telaah Sejawat mendiskusikan pedoman apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan telaah sejawat serta rencana telaah sejawat selanjutnya.




Semoga dengan adanya telaah sejawat ini, Kementerian/Lembaga dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih baik. Sebagai penutup, empat tim yang telah melakukan telaah sejawat diberikan piagam penghargaan secara simbolis.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN