Workshop “Expedition” S(t)imulate Your Strategic Thinking

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2016-10-27 10:05:20
Liputan Utama Berita Utama




Jakarta, 25 Oktober 2016 – Bagian Sumber Daya Manusia Inspektorat Jenderal Selasa (25/10) lalu menggelar workshop yang bertajuk “Expedition” S(t)imulate Your Strategic Thinking dengan mengundang fasilitator dari EXPERD, sebuah perusahaan konsultan pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis di Jakarta. Workshop ini ditujukan untuk para pejabat di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenkeu untuk membantu melatih kemampuan berpikir strategis.



Bertempat di lantai 12 Gedung Djuanda II, workshop ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal, para pejabat Eselon II, auditor utama,  pengendali teknis, pengendali mutu, serta para kepala bagian di lingkungan Inspektorat Jenderal. Para fasilitator dari EXPERD memandu para peserta workshop dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00.

Workshop ini menyajikan karakteristik berpikir strategis, yaitu Thinking Big, Thinking Deep, dan Thinking Long. Melalui tiga karakteristik tersebut, kita dilatih untuk mengetahui seluas apa kita melakukan pengamatan dan menafsirkan sebuah data atau informasi dalam upaya menciptakan pilihan, sedalam apa kita menggali masalah dan solusi yang masuk akal dalam upaya membuat pilihan, dan sejauh apa kita merencanakan visi, misi, dan antisipasi dalam upaya mengambil tindakan.



Selain itu, fasilitator mengajak peserta workshop untuk mencoba simulasi bisnis ExpeditionTM dimana para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok yang berisikan 5-6 orang dan masing-masing individu memiliki perannya sendiri-sendiri untuk mensukseskan ekspedisi mendaki Everest. Dari simulasi ini peserta workshop diajak untuk berpikir strategis untuk menciptakan visi untuk berhasil, menganalisa risiko, mengambil keputusan yang tepat dan efektif, serta mendorong individu dan tim untuk mencapai hasil terbaik. 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN