Selamat Hari Oeang ke-70!

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2016-10-31 07:37:55
Berita Utama Liputan Utama




Jakarta, 29 Oktober 2016 – 70 tahun yang lalu, Oeang Republik Indonenesia (ORI) resmi beredar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menggantikan uang Jepang, uang NICA, dan uang Javasche Bank yang sebelumnya digunakan oleh rakyat Indonesia. ORI yang dicetak saat itu ditanda-tangani oleh A.A. Maramis, Menteri Keuangan yang menjabat pada periode tersebut. Mengingat keberhasilan mencetak mata uang resmi adalah kebanggan Indonesia sebagai negara yang merdeka, maka tanggal 30 Oktober disahkan sebagai peringatan Hari Oeang Republik Indonesia.




Kementerian Keuangan (Kemenkeu), seperti agenda tahun-tahun sebelumnya, merayakan Hari ORI dengan berbagai kegiatan yang menggugah semangat. Rangkaian acara mulai dari liga olahraga seperti voli, tenis meja, bulutangkis, lari, tarik tambang; kegiatan sosial seperti donor darah dan Kemenkeu Mengajar; hingga lomba puisi, lomba fotografi dan lomba menulis digelar untuk menyemarakkan peringatan Hari ORI ke-70. Kegiatan tersebut juga diselenggarakan untuk menumbuhkan sinergi para pegawai dari berbagai unit di lingkungan Kemenkeu.

Puncaknya, Kementerian Keuangan, Sabtu (29/10) lalu menggelar family gathering dimana para pegawai Kementerian Keuangan beserta keluarga dapat menikmati acara puncak peringatan Hari ORI ke-70 bersama-sama. Sabtu pagi sekitar pukul 06.30 WIB di lapangan air mancur Kementerian Keuangan, para pegawai dan keluarga melakukan senam bersama untuk membangkitkan semangat di pagi hari. Menteri dan Wakil Menteri Keuangan beserta jajaran pejabat Eselon I, melakukan pertandingan voli persahabatan yang dimenangkan oleh tim Menteri Keuangan.




Beranjak siang, acara dilanjutkan dengan penghijauan di halaman gedung Kementerian Keuangan oleh Menteri dan Wakil Menteri Keuangan beserta para jajaran pejabat Eselon I. Setelah itu, keseruan acara beralih ke panggung utama dengan penampilan dari talent-talent Kementerian Keuangan berupa band, tari, dan pembacaan puisi oleh salah seorang putra punggawa Kementerian Keuangan yang menjadi juara pertama lomba puisi. Tak mau kalah, Menteri dan Wakil Menteri Keuangan serta jajaran pejabat Eselon I unjuk gigi dalam sebuah grup band, membawakan beberapa lagu di atas panggung. Menteri Keuangan sendiri menyumbang lagu “One Moment in Time” berduet bersama vokalis dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta ditemani cucu tercinta.

Terakhir, di penghujung acara puncak peringatan Hari ORI ke-70, Menteri Keuangan berpesan, ”Ini adalah tahun yang sangat penting bagi Indonesia dan sangat penting bagi kita semua untuk mengembalikan stabilitas serta pengelolaan keuangan negara secara baik dan bertanggung jawab.” Selamat Hari Oeang Republik Indonesia yang ke-70! Kemenkeu Jaya!



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN