Pelantikan Sumiyati sebagai Irjen Kemenkeu

oleh Yohana Tiara Eka Putri, diterbitkan pada 2017-01-23 11:13:17
Liputan Utama Berita Utama






Jakarta, 23 Januari 2017 – Setelah dua bulan vakum tanpa kepemimpinan seorang Inspektur Jenderal (Irjen), Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) akhirnya memiliki seorang Irjen baru. Sumiyati, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) kini dilantik sebagai Inspektur Jenderal Kemenkeu.

Sumiyati dilantik menjadi Irjen Kemenkeu menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang telah menjabat sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada Oktober 2016. Dengan demikian, Sumiyati yang bergelar Master of Financial Management pada tahun 1994 dari Central Queensland University ini, menjadi Inspektur Jenderal wanita pertama di Kementerian Keuangan.







Astera Primanto Bhakti turut dilantik sebagai Kepala BPPK menggantikan Sumiyati. Sumpah jabatan diambil langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertempat di Aula Mezanine Gedung Djuanda I. Upacara pelantikan tersebut dihadiri oleh para pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Dalam pidato sambutannya, Sri Mulyani berpesan agar Irjen yang baru dapat melihat evolusi Itjen secara cepat selama empat periode kepemimpinan. Ia ingin agar Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih akurat dari jurnalistik investigasi, BPK, dan KPK. Sebelum institusi lain menemukan sebuah kasus,  kita lebih baik menemukan terlebih dahulu.










Sumiyati diharapkan selama satu setengah bulan dapat memelajari Itjen untuk bisa menjalankan fungsi sebagai teman yang setia, tetapi tidak terkooptasi. Selain itu, Sri Mulyani juga ingin pejabat yang dilantik bersama pejabat lainnya dapat menjadi leaders dan managers yang loyal, dedikatif, dan penuh integritas.

“Saya ingin menggunakan leadership Bu Sum untuk membangun Itjen menjadi organisasi yang berwibawa dan efektif,” tegas Sri Mulyani.








ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN