Mengabdi dengan Peduli

oleh Kurnia Fitri Anidya, diterbitkan pada 2017-02-16 05:05:01
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus Galeri Tanpa Kategori Menu


Jakarta, 14 Februari 2017 – Bertempat di ruang rapat Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, Sosialisasi Kewajiban Perpajakan “Penyampaian SPT 2017”  mengundang narasumber dari Kantor Pajak Pratama Sawah Besar, Sudarsono dan Hilman. Sementara itu, Kepala Subbagian Verifikasi Pelaporan Perpajakan dan Harta Kekayaan Arief Rizano berkenan membuka sosialisasi selaku moderator.



 
 


Pemaparan materi diawali dengan penjelasan mengenai penghasilan, mulai dari klasifikasi penghasilan sebagai objek pajak dan yang dikecualikan dari objek pajak, sampai penjelasan terkait pengurang penghasilan bruto. Penjelasan berlanjut dengan materi terkait “Pelaporan SPT melalu e-filing”.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Nomor 8 Tahun 2015, yang memiliki kewajiban e-filing adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Polri, dan anggota TNI. Pada sosialisasi ini, peserta diajarkan tentang mekanisme pelaporan e-filing melalui video simulasi yang komunikatif. Dengan ditayangkannya video simulasi tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai mekanisme pelaporan SPT tahun 2017.osialisasi ini menambah kesadaran pegawai Itjen akan pentingnya lapor pajak, terlebih pelaporan SPT tahun 2017. Oleh karena itu, tunggu apalagi? Ayo tumbuhkan semangat mengabdi pada negeri dengan peduli untuk segera lapor SPT 2017!


Lampiran


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN