Tingkatkan Pengawasan Internal melalui TeamMate, Korps 151 berguru ke Itjen Kemenkeu.

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2017-04-10 02:56:21
Berita Utama




Jakarta, 30 Maret 2017 – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut modernisasi di segala bidang, tidak terkecuali dalam hal pengawasan internal. Untuk itu, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Itjen Kemenhub) menyelenggarakan Studi Banding terkait penggunaan aplikasi Audit Manajemen Sistem yang dipergunakan di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan dalam rangka menunjang dan meningkatkan pengawasan internal di lingkungan Kementerian Perhubungan. Acara ini diselenggarakan di kantor Inspektorat Jenderal, Gedung Djuanda 2. Tepatnya di Ruang Rapat Inspektorat VII.

Acara dibuka oleh Sofandi Arifin selaku Sekretaris Jenderal Itjen Kementerian Keuangan dan Sekretaris Itjen Kementerian Perhubungan, Bambang Sudaryono, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ari Sufianto, Auditor Muda Inspektorat VII.



                                          


Ari Sufianto menjelaskan mengenai overview TeamMate, yaitu aplikasi Audit Management System yang digunakan oleh Itjen Kementerian Keuangan. Aplikasi ini tidak dibuat sendiri, namun dibeli kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Itjen. Aplikasi ini jga telah didesain sesuai dengan standar internasional sehingga proses bisnis “dipaksa” menjadi benar, tidak seperti saat masih manual. Ini suatu tantangan tersendiri bagi Itjen sebagai pengembang. Catatan yang diberikan oleh Ari Sufianto adalah bahwa mengembangkan aplikasi ini harus dari top dan test management harus dilakukan oleh auditor senior karena telah banyak mengetahui proses di lapangan. Selain itu, Ari Sufianto juga menjelaskan mengenai filosofi serta teori-teori yang mendasari aplikasi Audit Management System.



Narasumber kedua adalah Yudhy Haryantho, yaitu Kasubbag Pengembangan istem Informasi. Beliau memberikan paparan mengenai Implementasi Sistem Informasi Manajemen Audit. Pihak yang menggunakan, mekanisme penyuluhan penggunaan TeamMate, bagaimana tata cara membuat surat tugas dan pelaksanaan audit, hingga bentuk tampilan TeamMate dan simulasi pengerjaannya juga turut dipaparkan pada sesi kali ini.



Setelah sesi tanya-jawab, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat dan cinderamata oleh Inspektur VII, Roberth Gonijaya kepada perwakilan dari Itjen Kementerian Perhubungan kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. (kin)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN