Kunjungan Kerja Inspektur Jenderal ke Pemkab Sragen

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2017-08-08 05:06:17
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus


Sragen, 4 Agustus 2017 - Inspektur Jenderal melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Sragen dalam rangka Koordinasi Pengawasan terhadap Pelaksanaan Anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) bagian anggaran pengelolaan transfer ke daerah. Irjen ingin  memotret dan mengumpulkan data terkait pengalokasian dan pemanfaatan dana pendidikan dan dana kesehatan Tahun Anggaran 2015-2017. Hal ini mengingat alokasi anggaran pendidikan dalam APBN Tahun Anggaran 2017 mencapai 20% (416,1 Triliun) dan anggaran kesehatan mencapai 5% (104 Triliun).

 




 



Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 204 /PMK.09/2015 tentang Pengawasan terhadap Pelaksanaan Anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara, Menteri Keuangan selaku Pengguna Anggaran atas BA BUN berwenang melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran BA BUN. Kewenangan melaksanakan pengawasan tersebut dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu). Itjen Kemenkeu selaku koordinator  pengawasan terhadap pelaksanaan BA BUN akan bersinergi dg Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dan turun bersama ke daerah untuk melihat pemanfaatan dana tersebut dan memberikan rekomendasi baik dalam ruang lingkup regional maupun nasional.

 


Dalam kunjungannya tersebut, Irjen mengingatkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting bagi Indonesia karena jumlahnya yang luar biasa banyak. Apabila SDM dikelola dengan baik maka akan menjadi kekayaan luar biasa dan bermanfaat besar bagi kemajuan Indonesia.

 


Kemudian Inspektur Jenderal juga melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jetak 2 Sragen. Dalam kunjungannya tersebut, Irjen ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan dana pendidikan pada sekolah tersebut. Selain itu Irjen juga ingin melihat langsung kondisi siswa di sekolah tersebut dibandingkan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sragen.

 

 


 



 

Keesokan harinya,  Inspektur Jenderal melakukan kunjungan ke dua rumah sakit di Kabupaten Sragen yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soehadi Prijonegoro Sragen dan RSUD Dr. Soeratno Gemolong. Dalam kunjungannya tersebut, Irjen ingin mengetahui bagaimana pemahaman terkait Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) pada kedua RSUD tersebut mengingat kedua RSUD tersebut telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

 







ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN