Peningkatan Kapabilitas Auditor AAIPI dalam Menghadapi Era Digital

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2017-09-14 07:20:15
Berita Utama Liputan Utama




Jakarta, 13 September 2017 – Tahun ini, Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) kembali menyelenggarakan workshop dengan mengundang para auditor Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan. Tema yang diangkat kali ini adalah Peningkatan Kapabilitas Auditor AAIPI dalam Menghadapi Era Digital. Dalam pembukaannya Irjen Kemenkeu Sumiyati selaku Ketua Umum AAIPI menyatakan tema workshop tahun ini digagas dalam rangka menyongsong adanya suatu perubahan yang tajam dalam tata kelola pemerintahan yang sudah berbasis teknologi informasi.

Materi yang pertama disampaikan pada sesi I berupa pemaparan mengenai Perencanaan Audit Berbasis Risiko dan Pendekatan Risk Control Matrix (RCM) oleh Arief Ismail, Auditor Pertama Inspektorat VII. Selanjutnya, paparan kedua disampaikan oleh Vice President ISACA Indonesia (Information Systems Audit and Control Association) Rahmat Mulyana terkait Tata Kelola dan Audit TI – Suatu Praktik dari ISACA. Kemudian sesi pertama workshop diakhiri dengan paparan mengenai Pengembangan Unit Audit TI – Pengalaman Inspektorat Jenderal Kemenkeu oleh Gilang Ramadhan, Auditor Pertama Inspektorat VII.

Kemudian untuk sesi II, workshop dibagi menjadi dua kelas yaitu Kelas APIP K/L dan Kelas APIP Pemda. Kelas APIP K/L diawali dengan pemaparan mengenai Aplikasi E-Rekon dan OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) serta Pemanfaatannya untuk Audit dan Reviu Berkelanjutan yang disampaikan oleh Sudarto, Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, DJPBN. Selanjutnya pemaparan dilakukan oleh Amy Pramanda, Auditor Pertama Inspektorat VI, terkait Rencana Pengembangan Aplikasi Reviu LKKL (Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga) Generik.

Pada Kelas APIP Pemda, disampaikan pula dua materi yaitu terkait Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK)  – Pemahaman dan Pengembangannya oleh dua anggota Tim TABK Itjen Kemenkeu yaitu Yogi Ishwara dan Agung Nugroho, kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai Implementasi Continuous Audit di Bappenas oleh Roni Dwi Susanto selaku Inspektur Utama Bappenas.

Dengan diselenggarakannya workshop ini, Ketua Umum AAIPI berharap APIP dapat benar-benar meningkatkan kapabilitasnya dalam menghadapi tantangan dalam tata kelola pemerintahan yang semakin kompleks dan bersama-sama mampu mengikuti perkembangan dalam merespon adanya perubahan sistem informasi dan perkembangan teknologi.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN