Berkunjung ke Yogyakarta, Irjen Kemenkeu Mengingatkan Pentingnya Budaya Integritas

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2017-11-22 07:48:39
Berita Utama Liputan Utama






Yogyakarta, 20 November 2017 – Senin (20/11) kemarin, Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati mengadakan audiensi dan sosialisasi terkait Pembangunan Budaya Integritas kepada para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Audiensi yang dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada para pegawai Kemenkeu akan pentingnya budaya integritas didalam mengelola keuangan negara. Inspektorat Jenderal (Itjen) sebagai unit yang bertugas mengawal pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkeu, merasa perlu untuk terus berupaya menjaga budaya integritas terus tumbuh didalam tubuh Kemenkeu. “dalam rangka menjaga integritas tumbuh subur dalam lingkungan kita, maka Itjen memiliki tugas untuk mengawal tata kelola yang baik” ujar Irjen Sumiyati.

 





Dalam kesempatan ini, Irjen Sumiyati mengingatkan bahwa Itjen Kemenkeu hadir sebagai sahabat yang baik bagi seluruh unit Eselon I Kemenkeu. Itjen hadir sebagai kawan, bukan lawan. “Kami hadir bukan untuk merecoki dan mengganggu, namun sebagai sahabat yang baik. Tentunya sebagai sahabat yang baik, perlu untuk menjaga agar sahabatnya melaksanakan tugas dengan sebaiknya,” ujarnya.

 




Irjen Sumiyati juga mengingatkan bahwa pelaksanaan tugas di Kemenkeu seluruhnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan demi terwujudnya kepercayaan publik. “didalam menjalankan tugas, kita harus comply terhadap peraturan perundangan. Kepatuhan tidak boleh kita tinggalkan, accountability juga harus kita wujudkan dengan baik dan transparan agar kepercayaan publik muncul”

 




Irjen Sumiyati berharap bahwa Kemenkeu dapat menjadi organisasi yang memiliki system pengendalian internal yang kuat dan Governance, Risk, and Control (GRC) yang dikelola dengan baik, sehingga prinsip good governance benar-benar dapat tercapai (kin)