Peringatan HAKI di Maluku, Irjen Kemenkeu Hadiri Talkshow Bertajuk Penguatan Integritas

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2017-12-20 00:58:38
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus



Ambon, 19 Desember 2017 - Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati diundang sebagai narasumber dalam rangkaian acara peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2017 bagi seluruh pegawai Kementerian Keuangan pada wilayah Provinsi Maluku.




Acara yang bertajuk talkshow Kementerian Keuangan tersebut mengambil tema Penguatan Integritas "Integritas Budayaku untuk Membangun Negeri ".


Talkshow tersebut juga mengundang narasumber dari KPK dan PPATK yaitu Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK Wawan Wardiana, Deputi Bidang Pencegahan PPATK Mohamad Sigit, serta Akademisi dr Fakultas Hukum UNPATTI Pattimura Elsa Rinamayatuli.




Di awal paparannya, Irjen Sumiyati mengingatkan bahwa integritas sangat penting bagi setiap insan Kemenkeu mengingat Kemenkeu adalah pengelola keuangan negara.


Dalam rangka memperkuat budaya Integritas Kemenkeu, Itjen melakukan kegiatan yang dibagi menjadi 2 bidang yaitu pencegahan dan penindakan.


Dalam bidang pencegahan:
1. Menanamkan Perilaku Anti Korupsi dan mengomunikasikan titik rawan kegiatan dengan menerapkan Enterprise Risk Management (ERM). ERM merupakan proses yang dirancang untuk mengidentifikasi potensi peristiwa/risiko yang dapat memengaruhi suatu unit

2. Memberikan clearance dan melayani pengaduan secara cepat dan rahasia melalui aplikasi WISE

3. Adanya Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar (SABER PUNGLI) dan spot check

4. Membina hubungan positif dengan Aparat Penegak Hukum dan meningkatkan peran Unit Kepatuhan Internal (UKI).


Sedangkan dalam bidang penegakan, yang dilakukan Itjen yaitu:
1. Melakukan audit investigasi secara objektif dan persuasif oleh unit yang bertugas khusus dalam bidang investigasi, yaitu Inspektorat Bidang Investigasi

2. Mengusulkan pembinaan pegawai yang proporsional


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN