Jaga Integritas di manapun Kita Berada

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2018-01-05 03:23:59
Liputan Utama Berita Utama


Jakarta, 4 Januari 2018 – Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati melakukan pelatikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada 34 Auditor, empat Kepala Subbagian, dan 59 pegawai CPNS di Aula Nusantara Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Acara yang dimulai pada pukul 15.30 ini disaksikan oleh para undangan yang terdiri dari para Inspektur dan Kepala Bagian di lingkungan Inspektorat Jenderal (Itjen).



Dalam sambutannya seusai pelantikan, Irjen Sumiyati menegaskan bahwa Inspektorat Jenderal perlu menata kembali dan perlu mengembangkan SDM yang dimiliki. Irjen Sumiyati menuturkan pula Itjen  perlu belajar inovasi dan reformasi yang sedang dilakukan eselon I lainnya di lingkungan Kementerian Keuangan. Irjen Sumiyati menyadari bahwa kompetensi SDM Itjen sangat mampu untuk melakukan perubahan yang luar biasa di Inspektorat Jenderal. “Saya perhatikan kompetensi SDM yang ada di Itjen itu luar biasa. Oleh karena itu, marilah kompetensi yang kita miliki ini benar-benar kita gunakan seoptimal mungkin secara profesional untuk menunjang dan mendukung reform yang terus dilakukan Kementerian Keuangan.”



Kepada pegawai yang mendapatkan alih tugas dan alih jabatan, Inspektur Jenderal berharap dengan adanya alih tugas alih jabatan pada kesempatan ini, selain sebagai suatu penyegaran, ini adalah suatu tantangan baru untuk berkinerja dan berkontribusi lebih baik bagi Kementerian Keuangan.




Kepada pegawai yang baru saja secara resmi dilantik menjadi PNS, Irjen Sumiyati mengucapkan selamat bertugas dan belajar keras. Beliau berpesan dalam setiap penugasan, pegawai dapat menangkap ilmu yang diperoleh dan mengkapitalisasi ilmu tersebut. Selain itu, Irjen menegaskan bahwa pegawai perlu menomorsatukan integritas dalam setiap aspek kehidupan.




“Tolong siapkan diri sebaik-baiknya, kalian masih muda harus bekerja dengan baik, jaga integritas, harus jujur, berani, tidak boleh terkooptasi. Integritas tidak boleh terbeli. Jangan pernah menggadaikan atau menjual integritas kita. Integritas kita tidak ternilai harganya. Harus kita jaga sebaik-baiknya karena kejujuran, ketulusan, dan segala macam yang terkait dengan integritas, perilaku yang terkadung dalam nilai integritas itu sangat berarti dalam kehidupan. Jaga integritas dimana pun kalian berada,” ujarnya.