Irjen Buka Sosialisasi Persiapan Implementasi SAKTI

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2018-01-16 09:48:42
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus






Jakarta, 16 Januari 2018 – Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati hadir sekaligus membuka pada acara  Workshop Persiapan Pelaksanaan Implementasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) dengan judul “Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Profesional, Transparan, Akuntabel, dan Terintegrasi melalui Aplikasi SAKTI” di Aula Gedung Dhapala Kementerian Keuangan. Irjen berharap para peserta dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai aplikasi SAKTI ini.


Sebagai informasi, aplikasi SAKTI merupakan aplikasi yang dibangun guna mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN) dengan menggunakan sistem yang terintegrasi pada setiap satker.  SAKTI adalah gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat satker saat ini. Selain menggabungkan beberapa aplikasi yang dahulunya terpisah-pisah juga mengadopsi proses bisnis yang baru sesuai dengan proses bisnis yang dianut oleh SPAN. 






Dalam arahannya, Irjen mengingatkan akan konsekuesi yang harus disadari dari awal oleh setiap pengguna sistem aplikasi ini. Menurut beliau, kedisiplinan dalam pengoperasian aplikasi SAKTI ini harus dipatuhi oleh setiap operator sistem aplikasi pada setiap satker  dengan adanya pengintegrasian sistem aplikasi keuangan ini.


“Kami harap, setiap KPA (Kuasa Pengguna Anggaran untuk) untuk mengawasi dan mengkoordinasikan semua dalam menjalankan aplikasi SAKTI ini, karena apabila ada satu kesalahan makan akan berdampak pada sistem yang lain dalam satu sistem integrasi ini,” jelas Irjen.


Aplikasi SAKTI direncanakan akan mulai diimplementasikan di seluruh Eselon I Kementerian Keuangan, kecuali Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada tahun 2018 ini.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN