Menjaga Profesionalisme Itjen dengan RCM

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2018-05-03 03:59:44
Berita Utama Liputan Utama




Jakarta, 2 Mei 2018 – Inspektorat Jenderal Kemenkeu menggelar Pembukaan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Tengah Tahun 2018 di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I. Rapat yang mengusung tema “Sustaining Professionalism : Adapt to a Transforming Environment, Align to the Recognized Framework” ini berlangsung tanggal 2-5 Mei 2018. Dalam pembukaan Rakerpim ini menghadirkan Crystal Widjaja selaku Senior Vice President Business Intellegence and Growth GO-JEK Indonesia dan akan dibuka oleh Menteri Keuangan.

Crystal Widjaja yang merupakan Senior Vice President Business Intellegence and Growth GO-JEK Indonesia berkesampatan berbagi pengalamannya dalam menganalisis data yang dia lakukan di GO-JEK. Crystal menggarisbawahi pentingnya melakukan analisis data dalam organisasi apapun. Hal ini untuk mengetahui perilaku ataupun keinginan stakeholder dan informasi ini dapat menjadi acuan dalam mengambil keputusan atau membuat program kerja berikutnya. Sharing Session ini mendapat perhatian para peserta. Terlihat dari antusiasme dan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Mayoritas peserta meminta masukan dari Crystal terkait implementasi analisis data pada Inspektorat Jenderal

Dalam rangka menjaga profesionalisme auditor dan meningkatkan efektivitas pengawasan intern, Itjen juga perlu mengembangkan strategi pengawasan. Sumiyati mengatakan bahwa perlunya pengembangan strategi pengawasan ini untuk memberikan jaminan memadai dalam bentuk pemberian opini secara menyeluruh dengan metodologi yang sistematis dan disiplin. Inspektorat Jenderal dengan membuat Risk and Control Matrix (RCM) sebagai acuan pengujian pengendalian dan substantif sebagai bentuk pelaksanaan pengawasan hingga menghasilkan opini. Tema kali ini didorong oleh semangat Itjen untuk menjaga profesionalisme di tengah derai perubahan dengan mempersiapkan auditor Itjen untuk menyongsong digitalisasi Kemenkeu”, pungkas Sumiyati




Menteri Keuangan yang berkenan membuka Rakerpim Itjen Tengah Tahun 2018 juga mengingatkan kembali kepada seluruh peserta bahwa Itjen sekarang merupakan pembina dari internal auditor di seluruh Indonesia. “Jika Kemenkeu memiliki degree of competency, profesionalism dan juga integrity yang tinggi, maka kita akan menarik banyak sekali internal auditor di seluruh Indonesia untuk menjadi lebih baik”, jelas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, Kemenkeu ini memiliki begitu banyak data antara lain penerimaan Negara, belanja, penerimaan bea cukai, dan masih banyak lagi. Namun sayang hingga sekarang belum banyak informasi tersebut yang digunakan untuk perencanaan kedepan. Beliau menganggap dengan tema sustaining professionalism ini berarti Itjen Kemenkeu sudah profesional yang perlu di sustain dengan melakukan benchmarking dengan banyak internal auditor di seluruh dunia, tidak hanyak Indonesia. “Saya harap dengan Rakerpim ini Itjen mampu melihat tren perubahan dan identify apa letak risikonya dan bagaimana kita bisa maintain risk management sambil kita terus menciptakan space untuk terus berinovasi”, harap beliau akan Rakerpim Itjen kali ini.

Pada kesempatan ini juga Inspektorat Jenderal melakukan launching majalah Kosmos yang ditandai dengan pembunyian sirine bersama oleh Irjen Kemenkeu, Sekretaris Itjen, dan Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan. Sebelumnya Tri Achmadi selaku Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan menjelaskan, “Majalah Kosmos ini sebagai output KMS Itjen berisi kumpulan capture knowledge dari KMS, tahapan knowledge management yang akan diimplemtasikan, serta survei kebermanfaatan. Kosmos ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dalam berbagi berbagai pengalaman dan akan lebih banyak memuat tema pengawasan”.

Selain itu, Nursevianto Tahier dan Gilang Ramadhan dari Inspektorat VII memaparkan dan berdiskusi terkait RCM. Terutama terkait dengan penyusunan RCM dalam perencanaan mikro kegiatan audit atas Area Pengawasan Utama (APU) serta mekanisme formulasi simpulan atau opini mikro dan makro (overall opinion) dalam kegiatan audit.

Acara pembukaan Rakerpim Tengah Tahun 2018 Itjen Kemenkeu ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Keuangan dengan didampingi Sekretaris Kemenkeu dan Irjen Kemenkeu. Dan diakhiri dengan pembacaan doa sekaligus untuk mengawali pelaksanaan selama rapat tiga hari kedepan. 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN