Itjen Kemenkeu Dilibatkan dalam Penguatan Pengendalian Gratifikasi KemenPPPA

oleh Yohana Tiara Eka Putri, diterbitkan pada 2018-05-28 07:45:49
Liputan Utama Berita Utama



Jakarta, 25  Mei 2018 – Dalam rangka meningkatkan pengendalian gratifikasi di lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Inspektorat KemenPPPA melakukan studi banding ke Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu). Rombongan yang dipimpin Dyah Elvina selaku Inspektur KemenPPPA ini disambut oleh Auditor Madya Inspektorat VII Ahmad Sholeh, Kepala Bagian Kepatuhan dan Verifikasi Kekayaan Pegawai Dudung Rudi Hendratna, Auditor Muda Inspektorat VII Raden Basoeki, serta rekan-rekan Inspektorat VII di Laboratorium Pengawasan Internal Kemenkeu, Gedung Djuanda II lantai 13.



Saat ini Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) di Kementerian PPPA terpusat di level kementerian dalam pengelolaan gratifikasi untuk sekitar 300 pegawai di lingkungan KemenPPPA. Di Kemenkeu sendiri, dalam pengelolaan gratifikasi untuk sekitar 70.000 pegawai, Kemenkeu membentuk UPG hingga level kantor pelayanan/Unit Pelaksana Teknis (UPT). UPG pada UPT berkedudukan di unit kerja yang mempunyai tugas dan fungsi di bidang kepatuhan internal, sedangkan dalam level kementerian, Itjen Kemenkeu bertindak menjadi UPG koordinator.



Dalam paparannya, Dudung Rudi menjelaskan bahwa saat ini pengendalian gratifikasi di lingkungan Kementerian Keuangan berpedoman pada PMK Nomor 7/PMK.09/2017. PMK ini merupakan penyempurnaan PMK terdahulu, yaitu PMK Nomor 83/PMK.01/2015. Dalam PMK Nomor 7/PMK.09/2017 ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) berkewajiban melaporkan penolakan gratifikasi kepada UPG, hal ini lah yang belum diatur dalam PMK yang terdahulu. Pada tahun 2016-2017, di Kemenkeu terdapat 363 jumlah laporan gratifikasi dengan presentase laporan penolakan gratifikasi sebanyak 31%. Hal ini mencerminkan pegawai Kemenkeu sudah cukup sadar mengenai kewajiban akan penyampaian laporan penolakan gratifikasi ke UPG.


Itjen Kemenkeu selaku koordinator UPG di lingkungan Kemenkeu selalu berupaya untuk mengendalikan gratifikasi sebagai perwujudan dari integritas pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Beberapa upaya yang dilakukan Itjen Kemenkeu dalam hal ini antara lain menyelenggarakan workshop UPG, sosialisasi PPG, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan PPG di lingkungan Kementerian Keuangan.


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN