Berbagi Pengalaman Optimalisasi Kapabilitas APIP

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2018-07-06 09:40:19
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus




Dalam sebuah unit internal audit, pencapaian IACM (Internal Audit Capability Model) menjadi salah satu alat ukur yang dipakai dalam mengukur efektivitas peran unit audit intern di sektor publik. Dokumen yang dihasilkan oleh IIARF ini bertujuan memberian gambaran tentang 5 level pertumbuhan kapabilitas sebuah unit internal audit yang efektif untuk memenuhi persyaratan tata kelola unit yang professional.

Seluruh APIP melakukan program optimalisasi kapabilitas APIP dengan proses Self Assessment menggunakan metode IACM agar bisa mencapai Level-3 di tahun 2019 sesuai dengan harapan Presiden RI Joko Widodo. Hal inipun juga dilakukan Itjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). Untuk meningkatkan level pencapaian IACM, Itjen Kementerian PUPR melakukan benchmarking ke Itjen Kementerian Keuangan.

Seperti kepada unit internal kontrol lain yang telah melakukan benchmarking sebelumnya, Itjen Kemenkeu berbagi mengenai bagaimana kinerja yang telah dilakukan sehingga mampu mencapai IACM level-4. Dalam rangka pencapaian tersebut Itjen Kemenkeu melakukan berbagai langkah besar antara lain melakukan transformasi peran pengawasan, mengoptimalisasi sistem manajemen audit, melakukan inisiasi penerapan GRC beserta assurance-nya, menyusun peraturan terkait tata kelola pengawasan, melakukan analisis kesenjangan kompetensi dan mencari solusi yang tepat, merevitalisasi perencanaan pengawasan, dan juga membentuk Komite Audit.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari Itjen Kementerian PUPR untuk menggali berbagai informasi mengenai berbagai langkah dalam rangka peningkatan pencapaian IACM di Itjen Kementerian PUPR. Semoga kegiatan ini, memberikan kontribusi yang positif seluruh unit internal kontrol di sektor publik demi memberikan assurance seluruh program kegiatan pemerintah telah berjalan efektif efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(DIT)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN