Peran Inspektorat dalam Pengawasan PUG

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2018-07-24 07:53:14
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus



 



Jakarta, 21 Juli 2018 – Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kementerian Keuangan dan Peran Inspektorat Dalam Pelaksanaan dan Pengawasan Perencanaan Penganggaran Yang Responsif Gender bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal Lantai 12, Gedung Djuanda II. Itjen menghadirkan narasumber Suroso, Kepala Bagian Perencanaan, Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkeu, yang sekaligus juga adalah Ketua PUG Kementerian Keuangan. Sebelumnya, Suroso juga hadir di Itjen sebagai narasumber Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Kemenkeu.


Inspektur Jenderal (Irjen) Sumiyati merasa perlu adanya respon yang serius terkait PUG saat ini. Harapannya, para pimpinan di Kementerian Keuangan dapat mendukung penuh program PUG ini agar dapat dilaksanakan dengan baik. “Semoga dengan adanya program PUG ini Kemenkeu bisa mencapai keadilan gender yang akhirnya bisa membawa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.” harap Sumiyati dalam pembukaannya.


Suroso kembali menyegarkan ingatan para pegawai mengenai arti gender. Pada umumnya, masyarakat mengartikan gender sebagai jenis kelamin, perempuan, ataupun urusan yang berkaitan dengan memprioritaskan perempuan. Namun sebenarnya, pengertian dari gender adalah perbedaan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh masyarakat dan bersifat dinamis. Tujuan PUG Kementerian Keuangan adalah memastikan bahwa seluruh kebijakan, program, dan kegiatan Kemenkeu telah adil dan setara bagi laki-laki dan perempuan.


Salah satu bentuk nyata kebijakan responsif gender implementasi PUG adalah melalui pembangunan sarana prasarana. Suroso memberikan tayangan contoh-contoh bentuk implementasi PUG melalui sarana prasarana yang telah diterapkan di lingkungan Kementerian Keuangan, seperti pintu masuk khusus untuk ibu hamil, ruang laktasi dan daycare yang representatif, parkir prioritas untuk penyandang disabilitas dan perempuan, dan sebagainya.


Inspektorat memiliki peran penting dalam pengawasan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang kemudian hasil dari PPRG ini adalah Anggaran Responsif Gender (ARG). Sebagai informasi, ARG adalah anggaran yang berkeadilan bagi laki-laki dan perempuan yang merupakan bagian dari PPRG untuk percepatan pelaksanaan PUG di lingkungannya. Inspektorat bertugas dalam hal memastikan mutu atas penilaian PUG melalui PPRG dan mendorong komitmen pimpinan dalam pelaksanaan program PUG.


Setelah FGD ini, Inspektorat Jenderal akan menjalankan beberapa hal, yaitu melakukan pengawasan dalam perencanaan penganggaran, pelaksanaan anggaran, serta implementasi PUG di Kemenkeu yang sesuai dengan ARG.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN