Sosialisasi Pengendalian Teknologi Informasi dan Peningkatan Mutu Layanan di Direktorat Jenderal Pajak

oleh System User, diterbitkan pada 2010-09-20 00:00:00
Berita Utama


 

Jakarta (02/09/2010), Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Teknologi Informasi (TI) dan Peningkatan Mutu Layanan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di dua tempat. Tempat pertama dilaksanakan di Medan (Sumatera Utara) pada tanggal 30 Agustus 2010 serta di Surabaya (Jawa Timur) pada tanggal 1 September 2010. Penyelenggaraan sosialisasi bertempat di Kanwil DJP Sumatera Utara I (Medan) dan di Kanwil DJP Jawa Timur I (Surabaya). Acara sosialisasi digelar dalam rangka pengawasan dan pengendalian pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang Teknologi Informasi dan peningkatan mutu layanan terhadap DJP. Event ini dihadiri oleh para kepala kantor, kepala seksi pelayanan, kepala seksi PDI, serta para pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang berada di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Sedangkan, di Surabaya meliputi Kanwil DJP Jawa Timur I, II, dan III.

 

Hekinus Manao menyampaikan arahan kebijakan pengawasan Itjen

 

Kegiatan sosialisasi Pengendalian TI dan Peningkatan Mutu Layanan DJP dibuka oleh Kepala Kanwil DJP di masing-masing tempat. Acara sosialisasi dimulai dengan arahan dan presentasi mengenai kebijakan pengawasan Itjen Kemenkeu tahun 2010 oleh Inspektur Jenderal, Hekinus Manao. Dalam pemaparannya, Inspektur Jenderal mengemukakan kebijakan pengawasan Itjen tahun 2010 yang difokuskan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang perpajakan sesuai dengan arahan Menteri Keuangan. Selain itu, Inspektur Jenderal memaparkan langkah-langkah yang dilakukan Itjen dalam meningkatkan mutu layanan pada unit kerja di DJP. Selanjutnya, Staf Khusus Menteri Keuangan bidang TI, Bobby A.A. Nazief memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah peningkatan infrastruktur Teknologi Informasi di DJP dalam membangun TI yang handal.

 

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan eksaminasi piutang pajak dan penanganan proses keberatan dan banding oleh Inspektur I, Oni Syahroni P di depan para peserta yang hadir. Kemudian, Inspektur VII, M. Rahman Ritza memberikan penjelasan mengenai monitoring pelaksanaan reformasi birokrasi yang terjadi di Kementerian Keuangan, terutama terkait di bidang Perpajakan. Secara keseluruhan acara berlangsung baik dan menarik. Sering terjadi dialog interaktif antara para pembicara dengan para peserta yang ikut berpartisipasi. Akhirnya, acara ditutup dengan penyerahan plakat dan souvenir dari Inspektorat Jenderal melalui Inspektur Jenderal kepada Kepala Kanwil Sumatera Utara I dan Kanwil Jawa Timur I di masing-masing tempat. Dengan Sosialisasi Pengendalian TI dan Peningkatan Mutu Layanan di DJP ini, diharapkan Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal Pajak dapat bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan perpajakan di lingkungan Kementerian Keuangan. Bersama Kita Bangun Kepercayaan Publik di bidang Perpajakan!!! (Humas Itjen – 2010).



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN