Jadi Pioner Implementasi Whistleblowing System, Itjen Kemenkeu Siap Berbagi Pengalaman

oleh Yohana Tiara Eka Putri, diterbitkan pada 2018-11-09 09:29:08
Liputan Utama Berita Utama




Jakarta, 9 November 2018 – Untuk kesekian kalinya di tahun ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan menerima jajaran instansi lain bertandang untuk melakukan studi banding. Siang ini, jajaran PT. Angkasa Pura I (Persero) hadir ke Itjen Kemenkeu untuk meminta informasi dalam pengelolaan pengaduan di Kementerian Keuangan. Acara yag bertempat di Ruang Rapat IBI lantai 6 Gedung Djuanda II ini dibuka oleh M. Dody Fachrudin selaku Auditor Madya Inspektorat Bidang Investigasi.



Dalam sambutannya, Dody membuka dengan cerita mengenai latar belakang mengapa Aplikasi WiSE ini dibuat.  Ia juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2011, saluran pengaduan dikembangkan dalam bentuk online berbasis web untuk memudahkan orang dalam menyampaikan aduan. WiSE menjadi sistem pengelolaan pengaduan masyarakat online, terstruktur dan terdokumentasi dengan baik, serta dapat menyediakan informasi atau laporan yang akurat dan tepat waktu bagi pengambilan keputusan manajemen. Lebih lanjut, ia juga menggambarkan bahwa pengelolaan WiSE tidak lepas dari 4 (empat) prinsip yaitu Rahasia, Mudah dan Cepat, Terintegrasi dan Pelaporan, dan Monitoring. “Kita harus bisa menjaga kerahasiaan pelapor, aplikasi ini harus bisa meyakinkan pelapor bahwa identitas mereka dilindungi”, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Tim Angkasa Pura I yang dipimpin langsung oleh Israwadi, Corporate Secretary Angkasa Pura Airports juga menyampaikan gambaran umum pengelolaan pengaduan di Angkasa Pura I. Sejauh ini, perusahaan sedang bergerak maju membangun sistem sebagai wujud nyata keseriusan penanganan pengaduan dengan lebih baik.  



Acara dilanjutkan dengan paparan tim pengelola WISE Kemenkeu mengenai proses pengelolaan WISE, statistik data pengaduan yang telah diselesaikan, serta berbagai kerjasama yang dilakukan dengan pihak-pihak terkait untuk dapat mendukung pengelolaan WiSE semakin efektif. Tak hanya itu, tim pengelola WiSE juga melakukan simulasi penggunaan aplikasi WiSE untuk memberi pemahaman yang semakin baik terkait bagaimana alur dan proses penanganan pengaduan melalui aplikasi WiSE. Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dari Inspektorat Jenderal kepada PT. Angkasa Pura I (Persero), dan juga sebaliknya, serta foto bersama. (DIT)