Rakerpim Akhir Tahun 2018 : Menuju Itjen 4.0

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2018-12-03 03:43:17
Berita Utama Liputan Utama Liputan Khusus





Jakarta - Bogor – Dalam merespon era digital dan revolusi industri 4.0, Inspektorat Jenderal Kemenkeu secara aktif terus beradaptasi dengan lingkungan yang senantiasa berubah secara masif dan cepat. Sejalan dengan istilah revolusi industri 4.0, Itjen Kemenkeu menggelar Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Akhir Tahun 2018 dengan tema “Menuju Itjen 4.0” selama empat hari, sejak tanggal 28 November - 1 Desember 2018 di Jakarta dan Bogor. Tema ini merupakan wujud nyata komitmen Itjen Kemenkeu untuk beradaptasi terhadap perkembangan praktik profesional di dunia teknologi informasi dalam menghadapi tantangan proses bisnis digital Kementerian Keuangan.

Irjen Sumiyati dalam pembukaan Rakerpim Akhir Tahun 2018 di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I, berpesan Itjen Kemenkeu perlu menyusun rencana-rencana Itjen secara terstruktur dalam roadmap dan milestone yang tepat, kemudian rencana tersebut dijalankan dengan konsisten. Selain itu, banyak harapan dari stakeholder yang menjadikan Itjen sebagai panutan. “Jadi, dimana pun kita berada, kita harus bekerja keras untuk memenuhi harapan mereka,”tutur Irjen Sumiyati.

Dalam pembukaan Rakerpim ini, Itjen menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya adalah Sudarto selaku Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi dan Elizabeth MacRae dari The Institute of Internal Auditors. Sudarto memberikan insight terkait transformasi digital di Kementerian Keuangan, sementara Elizabeth MacRae memberikan paparan terkait Internal Audit Capability Model (IACM) dan perubahannya yang dilakukan pada tahun 2017. “The 2017 revision highlighting the importance of stakeholder relationship including the relationship between auditor and the client.” Dengan demikan, IACM menyatakan bahwa hubungan antara stakeholder dan auditor menjadi semakin penting dan perlu mendapat perhatian khusus.

Selama empat hari, Itjen Kemenkeu secara serius membahas area-area utama yang menjadi fokus Itjen selama beberapa tahun terdepan terutama terkait reformasi digital. Tiga aspek penting yang menjadi materi dan bahasan dalam Rakerpim Itjen Akhir Tahun 2018 tersebut mencakup: Peningkatan Peran dan Layanan serta Praktik Pengawasan Itjen, Transformasi Digital Itjen, serta Penataan Organisasi Menuju Lean and Agile Organization. Ketiga materi tersebut selaras sebagai sarana Itjen Kemenkeu untuk terus mempertahankan relevansinya, meningkatkan kualitas hasil kerja, serta memberikan nilai tambah bagi Kementerian Keuangan. Pembahasan materi tersebut dibagi ke dalam tiga komisi yang bertanggung jawab untuk menghasilkan output, baik berupa roadmap, action plan, serta dokumen kebijakan pengawasan lainnya yang selaras dengan visi dan misi Itjen Kemenkeu.

Di penghujung hari, Rakerpim Akhir Tahun 2018 ditutup secara resmi oleh Irjen Sumiyati. Dalam penutupan, Irjen Sumiyati menyatakan puas dengan hasil Rakerpim ini. “Saya harap semua kesimpulan benar-benar dicatat untuk dilakukan perbaikan-perbaikan, kemudian dituangkan dalam PKPT dan dimasukkan secara penuh apa yang sudah direncanakan, yang realistis, untuk dapat dilaksanakan,”pesan Irjen Sumiyati.

 

 

 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN