Itjen Kemendikbud Dalami Praktik Pengawasan Berbasis IT

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2019-01-23 08:07:53
Liputan Utama Liputan Khusus Berita Utama






Jakarta, 21 Januari 2019 – Dalam rangka penguatan audit berbasis IT, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) melakukan kunjungan kerja ke Itjen Kemenkeu untuk memperdalam praktik audit berbasis IT. Bertempat di Laboratorium Pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkeu, rombongan disambut oleh Auditor Madya Inspektorat VII JB. Widodo Lestarianto dan Tri Achmadi, Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan (SIP) Yudhy Haryantho, serta rekan-rekan Inspektorat VII dan Bagian SIP.

Itjen Kemenkeu memiliki Sistem Manajemen Pengawasan Intern berupa aplikasi Teammate sejak tahun 2010. Sistem Manajemen Pengawasan Intern merupakan sistem yang dirancang untuk menatalaksanakan seluruh proses kegiatan pengawasan dengan bantuan teknologi informasi. Sistem ini dikembangkan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas pengawasan intern serta untuk memenuhi kebutuhan atas kerangka manajemen pengawasan intern yang sesuai dengan best practices.

Dipaparkan oleh Mochammad Gilang Ramadhan, auditor Inspektorat VII, teknologi informasi memiliki dampak terhadap pengawasan intern berupa operasional audit, area audit, teknik pengumpulan dan evaluasi bukti audit, kompetensi auditor, serta pola hubungan dengan pihak lain. Seiring berkembangnya ruang lingkup teknologi informasi, tahun ini Itjen Kemenkeu akan mulai mengembangkan data analytics sebagai alat bantu pengawasan intern.

Dipaparkan pula oleh Yudhy Haryantho dan Miftah Budi Setiawan dari Bagian SIP terkait sistem manajemen pengawasan intern aplikasi Teammate dan teknik audit berbantuan komputer (TABK) menuju continuous audit di Itjen Kemenkeu. Para auditor Itjen Kemendikbud sangat antusias mendulang ilmu yang dipaparkan oleh narasumber. Diskusi dilakukan dalam setiap sesi paparan dan praktik nyata terkait audit berbasis IT di Itjen Kemenkeu terus digali auditor Itjen Kemendikbud agar segera dapat diimplementasikan dalam proses pengawasan intern di lingkungan Kemendikbud.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat oleh Tri Achmadi kepada perwakilan Itjen Kemendikbud dan dilanjutkan dengan foto bersama. (vs)



 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN