Penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu 2019

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2019-01-29 12:45:26
Liputan Khusus Galeri Berita Utama Liputan Utama





Untuk menjaga profesionalisme dan akuntabilitas, pada tangga 28 Januarin 2019 bertempat di auda Mezzanine, Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan beserta seluruh pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan termasuk Inspektur Jenderal menandatangani Kontrak Kinerja dan Piagam Manajemen Risiko tahun 2019. Kontrak Kinerja ini berisi Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Utama/IKU) yang harus dicapai dalam waktu satu tahun.


Adapun upaya untuk menjaga upaya keberhasilan pencapaian kinerja tersebut, seluruh unit eselon I melakukan identifikasi risiko, penyebab, dampak, serta menetapkan rencana mitigasinya yang dituangkan dalam Piagam Manajemen Risiko.


Setiap tiga bulan, dilakukan pembahasan mengenai capaian, kendala, dan evaluasi dari setiap IKU serta posisi risiko dan mitigasinya. Pada akhir tahun, setiap eselon I mendapatkan penilaian kinerja individu dari hasil IKU yang telah dicapainya.


Dengan pengukuran IKU yang spesifik, terukur dan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan, maka setiap pekerjaan harus dapat diselesaikan secara bertanggung jawab oleh setiap eselon I Kementerian Keuangan.


Kontrak Kinerja Inspektur Jenderal terdiri atas 10 Sasaran Strategis (SS) dan 21 IKU. Sedangkan Piagam Manajemen Risiko Inspektur Jenderal terdiri dari 23 risiko yang menjadi perhatian Inspektorat Jenderal untuk pelaksanaan tugas sepanjang tahun 2019.


Untuk tingkat Inspektorat Jenderal, penandatanganan Kontrak Kinerja dan Piagam Manajemen Risiko untuk pejabat struktural dan fungsional akan diselenggarakan secara serentak pada tanggal 30 Januari 2019 bertempat di aula Dhanapala Kementerian Keuangan

(source: Instagram Sri Mulyani Indrawati)