Itjen Siap Tuntaskan 21 IKU Tahun Ini

oleh Nurul Vita Dewi Saras, diterbitkan pada 2019-01-30 07:42:48
Liputan Khusus Berita Utama Liputan Utama Galeri




Jakarta, 30 Januari 2019 - Dalam rangka ketertiban pelaksanaan pengelolaan kinerja dan risiko, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan menggelar Penandatanganan Kontrak Kinerja (KK) dan Piagam Manajemen Risiko seluruh pejabat/pegawai di lingkungan Itjen Kemenkeu. Berbeda dari tahun lalu, penandatanganan KK pejabat/pegawai Itjen tahun ini dilakukan secara serentak di Aula Dhanapala Kemenkeu dari pagi hingga sebelum rehat siang.

Kontrak Kinerja merupakan bentuk komitmen seluruh pejabat/pegawai terhadap kinerja di tahun berjalan. Sedangkan piagam manajemen risiko merupakan hasil penuangan pelaksanaan proses manajemen risiko yang meliputi konteks manajemen risiko, profil dan peta risiko, serta rencana penanganan risiko. Profil risiko Itjen terdiri dari 10 sasaran organisasi dan 23 risiko.

Acara ini dibuka oleh arahan Irjen Sumiyati dan dilanjutkan dengan penandatangan KK Kemenkeu Two hingga KK Kemenkeu Five di lingkungan Itjen Kemenkeu. Sebelumnya, pada hari Senin, 28 Januari 2019, Inspektur Jenderal Sumiyati telah menandatangani KK Kemenkeu One yg berisi 10 Sasaran Strategis dan 21 Indikator Kinerja Utama.

Dalam arahannya, Irjen Sumiyati berharap setiap realisasi anggaran dapat diiringi dengan capaian kinerja yang terukur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran berbasis kinerja. Itjen juga diharapkan dapat terus mengawal seluruh unit di Kemenkeu agar kinerja setiap unit dapat tercapai dan pegawai Kemenkeu seluruhnya dapat patuh terhadap peraturan serta menjaga nilai-nilai Kemenkeu dalam setiap pelaksanaan tugas.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN