Investasi pada SDM Menentukan Masa Depan Indonesia

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-03-04 06:41:43
Liputan Utama Berita Utama


Yogyakarta, 28 Februari 2019 - Inspektur Jenderal Sumiyati menghadiri Rapat kerja Pengawasan Kementerian Kesehatan Tahun 2019. Irjen Sumiyati bersama dengan Inspektur VII Roberth Gonijaya diundang sebagai narasumber dalam rapat ini yang bertema "Penguatan Tata Kelola Pengawasan Intern Dalam mendukung Pembangunan Kesehatan Menyongsong Periode RPJMN 2020-2024". Dalam pemaparannya, Irjen Sumiyati menjelaskan mengenai kebijakan tata kelola pengawasan intern yang diterapkan di Kementerian Keuangan.

 

 

 
 
Irjen Sumiyati menyatakan bahwa investasi di Sumber Daya Manusia (SDM) sangat menentukan masa depan Indonesia. SDM harus dipersiapkan dari sisi kesehatan dan pendidikan sehingga nantinya tidak menjadi beban di masa mendatang. Oleh karena itu, saat ini pemerintah memberikan porsi yang besar dalam APBN untuk sektor kesehatan yakni sebesar 5%. Di dalam pemanfaatannya, anggaran di bidang kesehatan harus dipertanggungjawabkan dengan baik. Penggunannya harus sesuai dengan aturan dan disinilah Itjen harus berperan.
 
Sesuai penganggaran berbasis kinerja, Irjen Sumiyati meminta aparat pengawas internal untuk memastikan arsitektur kinerja diperbaiki. Itjen perlu memeriksa outcome yg ditargetkan dan outcome tersebut harus terukur. 
“Untuk menghasilkan outcome tersebut, output yg dihasilkan apa saja. Untuk menghasilkan output tersebut, program apa yang akan dilakukan dan input apa saja yg dibutuhkan. Sehingga dr sejak perencanaan aparat pengawas internal turut menjaga mulai dari reviu Rencana Kerja Anggaran sampai dengan audit kinerja. Dengah hal tersebut, maka spending behaviour akan menjadi lebih baik” ujar Sumiyati.
 
 
 
 
 
Sementara itu, Inspektur VII Roberth Gonijaya memberikan paparan terkait tata kelola pengawasan intern Kementerian Keuangan dan implementasi manajemen risiko di Kementerian Keuangan.
 
 
 
 

Irjen Sumiyati berharap agar Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan terus bersinergi dengan baik dalam menjaga anggaran kesehatan, demi SDM Indonesia yang terus menjadi lebih baik.


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN