Itjen KKP Menjadikan Laboratorium Pengawasan Itjen Kemenkeu Sebagai Benchmark

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-03-04 06:49:45
Liputan Utama Berita Utama


 

 

Jakarta, 4 Maret 2019 – Jumat kemarin, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan  kedatangan tamu dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (Itjen KKP) untuk melakukan studi banding terkait Laboratorium Pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkeu atau sering disebut LPIK. Acara bertempat di Gedung Djuanda II Lantai 13 dan dibuka oleh Kepala Bagian Sistem Informasi dan Pengawasan, Yudy Haryantho.

 

 

 

Dalam pemaparannya, Yudhy Haryantho menyampaikan beberapa poin penting terkait LPIK, diantaranya latar belakang dibangunnya LPIK, fungsi LPIK, proses pembangunan mulai dari penyusunan konsep hingga launching LPIK, pengelolaan yang didasarkan atas tugas dan fungsi setiap unit dalam Sekretariat Itjen Kemenkeu, dan kegiatan yang sering dilaksanakan di LPIK. Selain itu, Yudhy Haryantho juga menjelaskan rencana dan harapan pengelolaan LPIK ke depan untuk menjadi benchmark sarana pengembangan pengawasan di instansi lain.

 

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Para pegawai Itjen Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan antusiasme dalam sesi ini. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar dasar hukum dan mekanisme penggunaan LPIK hingga inovasi aplikasi atau sistem yang telah dan sedang dikembangkan di Itjen.

 

 

 

 

Acara studi banding diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cinderamata beserta souvenir oleh Kepala Bagian Sistem Informasi dan Pengawasan kepada pegawai Itjen Kementerian Kelautan dan Perikanan. (TIA)




ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN