Dalami Penerapan Open Space, KPKNL Ternate Kunjungi Itjen Kemenkeu

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-03-04 06:51:30
Liputan Khusus Menu Liputan Utama


 

 

Jakarta, 4 Maret 2019 - Sehubungan dengan arahan Menteri Keuangan untuk menerapkan ruangan kerja berkonsep open space di seluruh unit Eselon I Kementerian Keuangan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate mengunjungi Inspektorat Jenderal (Itjen) pada 18 Februari 2019 untuk melaksanakan studi banding.

 

Studi banding dihadiri oleh Herlambang selaku Kepala Bagian Umum dan Komunikasi Publik (BUKP), Wiyoso Tranggono selaku Kepala Subbagian Kerumahtanggaan dan Protokoler, Tim Renovasi dari BUKP Itjen, serta enam pegawai KPKNL Ternate. Pelaksanaan diskusi studi banding dilaksanakan di Ruang Laboratorium Pengawasan Lantai 13 Gedung Djuanda II.

 

 

 

 

Wiyoso Tranggono sebagai pengisi diskusi mengatakan bahwa penerapan open space dilatarbelakangi oleh pertambahan jumlah pegawai, terbatasnya luas ruangan, dan fleksibilitas ruangan. Itjen sendiri melaksanakan konsep open space karena ingin menambah banyak jumlah auditor, sedangkan kubikel tidak mampu memuat keseluruhan auditor.

 

 

Ruangan kerja berkonsep open space diharapkan mampu menghilangkan batasan-batasan fisik, kemudahan komunikasi, mendorong kolaborasi, serta pegawai lebih aktif dan nyaman bekerja.

Beberapa penerapan yang telah Itjen lakukan terkait konsep open space, di antaranya tidak terdapat dedicatedspace, locker untuk setiap pegawai, serta disediakan pantry, meja makan, dan meja bar. Selain itu, Itjen juga menyediakan ruang publik yang nyaman, seperti studio, perpustakaan, ramah anak, dan laktasi.

 

 

 

 

KPKNL Ternate terlihat begitu antusias dengan pemaparan dari tim Itjen dan semakin besar harapan untuk dapat menerapkan konsep open space dengan target peletakan batu pertama sebelum puasa ramadhan 2019. KPKNL Ternate turut mengemukakan gagasan open space yang akan diterapkan.

 

 

 

 

Kegiatan studi banding tidak hanya diisi dengan diskusi, namun juga kunjungan langsung ke Inspektorat VII, Ruang Perpustakaan, Ruang Laktasi dan Ramah Anak, Inspektorat VI, dan Ruang Anggiantara Itjen. (alf)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN