Mengasah Ketajaman Skill bagi Assessor PMPRB Kemenkeu 2019

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-03-04 06:53:32
Liputan Khusus Berita Utama


 

 

Jakarta, 4 Maret 2019 – Kamis pagi (14/2) bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal (Itjen) lantai 12, Inspektorat VII menyelenggarakan workshop bagi assessor Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). PMPRB sendiri merupakan model penilaian mandiri yang digunakan sebagai metode untuk melakukan penilaian serta analisis yang menyeluruh terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi dan kinerja pada suatu unit atau instansi pemerintah.

 

 

Workshop yang dibuka oleh Inspektur VII Roberth Gonijaya dan Herry Hernawan dari Central Transformation Office (CTO), serta dihadiri oleh perwakilan assessor dari seluruh unit Eselon I di Kementerian Keuangan. Para peserta terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian workshop. Sokhif Khoirul Anam dari KemenPAN-RB yang hadir sebagai pembicara menjelaskan bahwa PMPRB mencakup penilaian terhadap dua komponen: pengungkit (enablers) dan hasil (results). Pengungkit (enablers) menggambarkan upaya yang dilakukan oleh organisasi dalam menjalankan fungsinya. Hasil (results) adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit. Hubungan sebab-akibat antara Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi organisasi melalui inovasi dan pembelajaran, di mana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja organisasi secara berkelanjutan.

 

 

Ada satu hal baru yang juga disampaikan pada kegiatan workshop ini, yaitu terkait penerapan PermenPAN-RB Nomor 30 Tahun 2014. Sebelumnya, PMPRB berpedoman pada PermenPAN-RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah. Perbedaan antara kedua regulasi tersebut disampaikan secara detil. Tak lain harapannya adalah agar assessor dapat memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan kegiatan penilaian sebagaimana diamanatkan pada PermenPAN-RB Nomor 30 Tahun 2018.

 

 

Pada penutupan kegiatan workshop, disampaikan pula timetable rencana kegiatan PMPRB dari bulan Februari sampai dengan April 2019 mendatang. Rencana kegiatan tersebut meliputi penyusunan tim sampai dengan submission hasil PMPRB ke website PMPRB KemenPAN-RB. Tentu kita semua berharap hasil PMPRB terbaik bagi setiap unit di Kemenkeu yang sedang dinilai, ya! (GBS)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN