Perkuat Lini Pertama dan Kedua untuk Deteksi Fraud Lebih Awal

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-04-15 07:42:24
Galeri Liputan Utama Liputan Khusus




Medan, 5 April 2019 -- “Jaga bersama integritas dalam bekerja. Hentikan semua budaya yang tidak sesuai aturan,” ujar Irjen Sumiyati dalam menutup Rapat Koordinasi Kementerian Keuangan yang diadakan di Aula GKN Medan, 5 April 2019.




Sumiyati mengingatkan bahwa dalam membangun lini pertama dan kedua harus dilakukan serius agar sinyal-sinyal fraud dapat direspon dengan tepat dan cepat. Tone of the top harus dijalankan sesuai ketentuan dan reward and punishment harus dijalankan pula. Manajemen juga perlu membangun awareness untuk mendeteksi apabila mulai ada sinyal-sinyal penyimpangan agar bisa segera dicegah. Hal ini akan menjaga agar integritas pegawai tetap terjaga. “Itjen siap berkolaborasi dengan unit lainnya untuk memberikan pelatihan sehingga dapat memahami dan menjalankan fungsinya dengan baik untuk meningkatkan kepatuhan internal,” tambahnya.






Pada kesempatan itu pula, Dudung Rudi H. dan Agus Sarwodi, pejabat di Itjen, memberikan materi terkait Hasil Survei Persepsi Integritas Kementerian keuangan tahun 2018. Hasil survei yang dilaksanakan secara mandiri dan bekerja sama dengan KPK ini masih memberikan ruang bagi Kementerian Keuangan untuk melakukan perbaikan. Setiap unit eselon I di Kementerian Keuangan mempunyai peran yang penting untuk dapat meningkatkan kepatuhan internalnya. Dengan kepatuhan internal yang kuat maka diharapkan integritas pegawai akan semakin baik pula. (ang)


ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN