Human Capital Investment Sangat Penting dalam Menghadapi Industri 4.0

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-04-26 09:48:32
Liputan Utama Galeri





Palembang, 23 April 2019 – Kita berada pada suatu masa dimana digitalisasi mengubah secara radikal seluruh komponen kehidupan. Dunia bisnis dan sektor publik mau tidak mau harus menyesuaikan diri untuk mejaga relevansinya di dunia “baru” ini. Perubahan mindset, budaya dan cara kerja, serta proses bisnis dan layanan perlu terus disesuaikan di tengah perkembangan digital yang begitu pesat.


Perubahan seluruh sektor mengakibatkan semua pihak di dalamnya juga harus ikut bergerak dan menyesuaikan diri, termasuk auditor internal. Oleh karena itu, pada Selasa kemarin, Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) menyelenggarakan Seminar Nasional Internal Audit (SNIA) 2019 dengan tema “Energizing Internal Audit: Bridging to the Future. How to Assure, Advice, and Anticipate”.






Seminar yang diselenggarakan di Wyndham Opi Hotel Palembang ini mengundang sekitar 600 peserta termasuk di dalamnya para Inspektur Jenderal, Komisaris, Direksi, Komite Audit, Pimpinan Organisasi, Senior Manager, Auditor Internal, Kantor Akuntan Publik, Insan Perguruan Tinggi, serta masyarakat umum.


Dalam acara tersebut, Irjen Sumiyati berkesempatan membuka acara mewakili Menteri Keuangan sekaligus menjadi panelis dalam diskusi mengenai “Audit Leader’s View on Industry 4.0”. Dalam sambutannya, Irjen Sumiyati menekankan pentingnya human capital investment dalam merespons pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

“Tentu kita harus benar-benar mempersiapkan generasi muda akan dibawa ke arah mana. Jika kita tidak melakukan human capital investment yg tepat, maka generasi muda tidak akan menjadi aset, namun menjadi liability. Oleh karena itu harus ada suatu policy yang tepat untuk itu” ujar Sumiyati






Irjen Sumiyati dalam paparannya menyebutkan bahwa auditor internal tidak berperan hanya sebagai watchdog, namun juga diharapkan dapat menjadi trusted advisor. Auditor internal diharapkan menjadi mitra jajaran manajemen untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, kompetensi auditor harus terus ditingkatkan agar auditor dapat selangkah lebih maju dibanding mitranya. Semua itu dilakukan demi menghadapi tantangan industri 4.0 dengan tata kelola yang semakin baik.






Industry 4.0 is all about the peopleMindset, culture dan kualitas SDM harus dipastikan dari top executive hingga pelaksana. Karenanya, human capital investment merupakan hal yang sangat perlu menjadi perhatian. Disamping itu, infrastruktur IT juga tidak kalah penting. Penerapan IT based Audit dan data analytics harus terus dikembangkan demi audit internal yang dapat lebih cepat mendeteksi anomali, mencegah kerugian, dan memberikan insight pada hal-hal strategis. (kin)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN