Kemenkeu Berikan Penghargaan Capaian WTP Pemda Maluku Utara

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-09-25 09:43:07
Liputan Utama Berita Utama Galeri




         



Ternate, 20 September 2019-  Inspektur Jenderal Sumiyati, selaku Ketua DPN AAIPI (Dewan Perwakilan Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia)  menghadiri acara Pengukuhan Pengurus DPW (Dewan Perwakilan Wilayah) AAIPI Provinsi Maluku Utara dan Penyerahan Penghargaan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) , bertempat di Ballroom Dafam Bela Ternate. Para APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) di lingkungan Maluku Utara dikukuhkan sebagai DPW AAIPI untuk periode kepengurusan 2018-2021. Pengukuhan APIP dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Maluku Utara, Al Yasin Ali. 


Selain itu, Irjen Sumiyati, mewakili Kementerian Keuangan juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang mampu meraih opini WTP pada LKPD tahun 2018. Penghargaan diberikan kepada 9 Pemerintah Daerah Maluku Utara, meliputi Kota Tidore Kepulauan, Kota Ternate, Kab. Halmahera Selatan, Kab.Halmahera Timur, Kab.Halmahera Utara, Kab.Halmahera Barat, Kab. Pulau Morotai, Kab. Halmahera Tengah, dan Provinsi Maluku Utara.

Irjen Sumiyati memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan selamat atas kerja keras dan komitmen yang tinggi kepada jajaran di wilayah Maluku Utara. Opini WTP merupakan raihan atas kolaborasi dan kerja sama yang erat antara penyusun Laporan Keuangan (LK) dengan Aparat Pemeriksa Intern Pemerintah (APIP). Sumiyati juga berpesan agar Pemerintah Daerah Maluku Utara agar terus mempertahankan kinerja nya, terus meningkatkan kapabilitasnya baik dalam peran APIP maupun capaian opini WTP.

 

Di sela menghadiri kegiatan pengukuhan DPW AAIPI Maluku Utara, Inspektur Jenderal Sumiyati menyempatkan berkunjung ke kantor-kantor vertikal Kemenkeu di Kota Ternate. Dalam kunjungannya, Sumiyati menanyakan kendala-kendala apa yang dihadapi para pegawai dan bagaimana cara menyelesaikannya. Sumiyati juga memberikan beberapa masukan dan arahan untuk perbaikan unit kedepannya.


Malam harinya, Sumiyati memberikan pengarahan penguatan integritas kepada para pegawai Kemenkeu di lingkungan Maluku Utara, bertempat di Kanwil Perbendaharaan Maluku Utara. Sumiyati berbagi pengalaman-pengalamannya selama berkecimpung di Kemenkeu, mulai dari awal karier hingga sekarang. Sumiyati berpesan kepada para pegawai, terutama pegawai muda, agar terus menjaga integritas nya, dan menghindari hal-hal yang dapat menodai diri dan institusi, dan dalam bekerja selalu disertai dengan nilai profesionalisme.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN