Inspektur Jenderal Berbagi Tips Meningkatkan Level IACM di Gelar Pengawasan Daerah Jawa Tengah

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-10-11 11:20:33
Liputan Utama Galeri





Solo, 9 Oktober 2019, Inspektur jenderal Kementerian Keuangan menjadi salah satu pembicara pada acara Gelar Pengawasan Daerah (LarWasDa) Jawa Tengah 2019. Bertempat di Kota Solo, Jawa Tengah, LarWasDa tahun ini mengambil tema "Peningkatan Peran APIP Daerah dalam Meningkatkan Kinerja dan Akuntabilitas Keuangan. Kegiatan ini adalah ajang untuk menyampaikan informasi hasil pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah di masing-masing daerah di Jawa Tengah.



Acara dibuka dengan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar menekankan pentingnya semua lini pemerintahan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai integritas serta pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Dalam kesempatan yang sama, Ganjar meresmikan peluncuran aplikasi e-Takon (Tanya dan Konsultasi). Aplikasi ini akan digunakan sebagai sarana konsultasi antara SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Inspektorat Provinsi Jawa Tengah.






Inspektur Jenderal Sumiyati mengisi sesi diskusi panel dengan sub tema “Penguatan APIP untuk Mencapai Kapabilitas Level 4”. Pada kesempatan tersebut, Inspektur Jenderal menyampaikan perjuangan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan untuk meraih kapabilitas level 4. Sumiyati mengatakan tidak mudah untuk mencapai kapabilitas level 4. Banyak level yang harus dilewati dan syarat yang harus dipenuhi. Butuh perjuangan ekstra bagi unit Inspektorat untuk meraih level 4 IACM. Meski begitu, Sumiyati tetap optimis dan terus menyemangati seluruh unit APIP di Indonesia untuk meningkatkan kapabilitas audit internalnya.



Inspektur Jenderal juga menekankan pentingnya pemberdayaan human capital di masing-masing Inspektorat Daerah di wilayah Jawa Tengah. Sumber Daya Manusia tidak lagi dipandang sebagai beban, melainkan aset yang dapat meningkatkan kinerja organisasi. Hal ini guna mendukung percepatan peningkatan kapabilitas auditor intern pemerintah di seluruh Jawa Tengah menuju level 3 IACM. Irjen Sumiyati mengatakan bahwa saat ini, di level internasional, baru 35% auditor intern pemerintah yang memiliki indeks IACM level 3. Ia berharap peningkatan level IACM pada seluruh Inspektorat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dapat memberikan jaminan tata kelola pemerintahan yang baik dalam pencegahan korupsi.






Turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemendagri Indra Baskoro, Penyelidik Utama KPK Herda Helmijaya, serta Bupati Boyolali Seno Samudro. Acara ditutup dengan pidato penegasan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN