Wajah-wajah Baru di Jajaran Pimpinan Itjen

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2019-11-29 11:59:20
Menu Berita Utama Liputan Utama



Jakarta, 29 November 2019 - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sore ini melantik pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan setelah sebelumnya Sekretaris Jenderal Kemenkeu melantik Eselon III dan Pejabat Fungsional. Sebanyak 204 pejabat struktural dan fungsional yang terdiri dari 25 pejabat Eselon II, 179 pejabat Eselon III, IV, dan Fungsional diambil sumpah jabatannya untuk menempati posisi baru di Kemenkeu.

Pada pelantikan kali ini, terdapat perubahan besar terjadi pada institusi Badan Keuangan Fiskal (BKF) Kemenkeu. Sebanyak 112 Pejabat Eselon III dan IV resmi beralih posisi dari struktural menjadi Pejabat Fungsional Analis Kebijakan. Perpindahan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi untuk menghilangkan layer-layer di institusi pemerintah agar birokrasi menjadi lebih profesional, agile, dan lincah. Selain itu, Menteri Keuangan berharap perubahan ini dapat menjadikan Kementerian Keuangan menjadi institusi yang lebih padat dan diisi oleh orang-orang yg kompeten, kritis, dan profesional.

Dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, terdapat 3 pejabat yang dilantik dalam posisi baru yaitu Lucia Widiharsanti sebagai Inspektur I Itjen Kemenkeu, Muhammad Dody Fachrudin sebagai Inspektur Bidang Investigasi Itjen Kemenkeu, dan Dudung Rudi Hendratna sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penertiban Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Pajak.



Dalam sambutannya, Menkeu SMI mengatakan bahwa perpindahan ini merupakan upaya agar para pejabat dan pegawai Kemenkeu dapat terus belajar hal-hal baru di bidang pengelolaan keuangan negara sehingga kapasitas dan kompetensinya terus meningkat. 

Menkeu SMI menegaskan bahwa setiap ASN Kemenkeu harus terus-menerus meningkatkan kapasitasnya dan menggunakannya untuk melayani masyarakat dan seluruh stakeholder. “ini adalah sikap yang harus muncul di seluruh ASN kita dari pucuk pimpinan hingga pelaksana. Dari struktural hingga fungsional. Tidak ada perbedaan, semua harus memiliki sikap terus meningkatkan kompetensi, integritas, dan profesionalitas untuk melayani masyarakat” ujar Menkeu SMI.

Itjen sebagai salah satu elemen penjaga integritas Kemenkeu diharapkan dapat lebih cepat dalam mendeteksi kerawanan. Menkeu SMI menyebutkan bahwa tuntutan kepada Kemenkeu untuk lebih baik dalam menjaga keuangan negara menjadi makin besar pada era keterbukaan ini, di mana seluruh masyarakat ikut mengawasi pengelolaan keuangan negara “era keterbukaan di mana seluruh masyarakat ikut mengawasi adalah (nilai) plus, namun kita harus jauh lebih cepat dapat mendeteksi kerawanan” tegasnya.







ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN