OKI Sebagai Upaya Peningkatan Keamanan Informasi di Itjen

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2019-12-19 10:00:23
Liputan Utama Berita Utama Galeri




“Keamanan informasi harus menjadi concern kita”

Begitulah kalimat yang diutarakan Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan Yudhy Haryantho saat membuka Kick-Off Meeting Organisasi Keamanan Informasi Itjen siang ini di lantai 12 Gedung Djuanda 2. Teknologi informasi yang semakin masif berkembang pada proses bisnis di Kementerian Keuangan menimbulkan risiko-risiko baru yang perlu dijadikan perhatian besar. “bahkan Menkeu SMI pernah menyebutkan ‘zero tolerance untuk isu keamanan informasi’’” ujar Yudhy. Artinya, keamanan informasi harus menjadi concern semua pihak agar tidak ada risiko-risiko tersebarnya informasi Kemenkeu yang disalahgunakan pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

Keamanan informasi bertujuan untuk melindungi asset informasi Kemenkeu dan menjamin kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan aset informasi. Kemenkeu telah memiliki beragam kebijakan keamanan informasi. Kebijakan-kebijakan tersebut mengatur mulai dari klasifikasi aset informasi hingga pengelolaan password dan penggunaan internet. Di Itjen sendiri, telah dibentuk Organisasi Kemanan Informasi Itjen yang bertugas menyusun kebijakan terkait keamanan informasi, melaksanakan dan memantau penerapan kebijakan, juga memantau serta mencatat adanya gangguan kemanan informasi di Itjen. Berdirinya OKI Itjen merupakan sejarah baru bagi pengembangan kemanan Informasi di Itjen. Anggota OKI yang tersebar pada beragam unit Eselon II di Itjen juga diharapkan dapat mengedukasi dan menumbuhkan awareness pada para pegawai di unit masing-masing untuk menjaga dan mengamankan data yang dikelola setiap harinya.




Yudhy menyebut bahwa awareness terhadap keamanan informasi di Kemenkeu masih tergolong kurang. Padahal, perkembangan teknologi informasi dan langkah Kemenkeu untuk menciptakan collaborative environment menimbulkan berbagai risiko baru yang harus disadari oleh seluruh elemen Kementerian Keuangan selaku pengelola data. Edukasi mengenai data security, physical security, perintah dan larangan dalam penggunaan email dan internet serta hal yang harus dilakukan jika terjadi insiden keamanan turut dijelaskan dalam Kick-Off Meeting siang ini, untuk selanjutnya diteruskan oleh para anggota OKI Itjen ke unit masing-masing.

Keamanan Informasi merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya individu atau satu unit di organisasi. Maka, partisipasi dari seluruh pegawai Itjen sangat dibutuhkan untuk mewujudkan terjaminnya kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan aset informasi di Itjen dan Kementerian Keuangan.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN