Irjen Sumiyati : Antara Keluarga dan Karier

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2019-12-20 10:19:21
Liputan Khusus Berita Utama Liputan Utama


 

Jakarta, 20 Desember 2019 – Tidak harus meriah penuh gegap-gempita, sederhana namun bermakna dan pesannya dapat tersampaikan dengan baik. Seperti itulah gambaran peringatan Hari Ibu tahun ini di Inspektorat Jenderal. Pagi ini momen Hari Ibu diperingati oleh Irjen Sumiyati dan para srikandi Inspektorat Jenderal dengan berjalan pagi dan sharing session di Taman Lapangan Banteng, Jakarta.

 

 

Dimulai sejak pukul 06.30 pagi, Irjen Sumiyati dan para srikandi Itjen yang terdiri dari perempuan milenial hingga senior berolahraga bersama dan berbagi pengalaman serta diskusi terkait isu-isu perempuan dan pekerjaan. Para milenial bertanya kepada para perempuan senior beragam hal, mulai dari bagaimana cara membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan, bagaimana cara menjaga kualitas dengan anak dan karier, mutasi suami-istri di Kementerian Keuangan, hingga tips berkomunikasi dengan suami dan anak agar tercipta hubungan keluarga yang harmonis, sehat, dan bahagia.

 

 

Menurut Irjen Sumiyati, perempuan memiliki kelebihan yaitu kemampuan untuk melakukan beragam pekerjaan dalam satu waktu atau yang biasa disebut multitasking. Oleh karena itu, ia berharap bahwa kemampuan tersebut dapat dijadikan sebagai karunia oleh para perempuan untuk menjaga karier dan juga keluarga.

 

Kemandirian, kedisiplinan, komunikasi yang baik, toleransi, kedekatan emosional, dan komitmen adalah kunci keluarga yang mandiri juga harmonis. “Kualitas lebih penting dibanding kuantitas,” ujar Irjen Sumiyati. Oleh karena itu, ia berpesan bahwa nilai-nilai yang baik perlu ditanamkan kepada anak sejak dini untuk membangun karakter anak dan budaya dalam keluarga.

 

 

Irjen Sumiyati berharap para srikandi Inspektorat Jenderal, bersama dengan para pria, dapat terus berjuang dan mengabdi kepada bangsa serta mendapat kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang “Saya ingin melihat human capital perempuan di Kemenkeu tetap bersama (berkarier) dengan laki-laki sampai akhir karier mereka,” pesannya.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN