Tak Peduli Lelah Bantu Para Korban Musibah

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2020-01-06 09:08:55
Galeri Liputan Utama Berita Utama



Jakarta, 4 – 5 Januari 2020 – Empati yang besar kepada rekan-rekan Inspektorat Jenderal yang terkena musibah, mampu mengalahkan rasa letih setelah lima hari berkutat dengan pekerjaan kantor. Rekan-rekan Inspektorat Jenderal menyambangi beberapa pegawai Itjen yang terdampak banjir pada awal tahun 2020 ini. Itjen dengan cepat dan sigap menanggapi amanat dari Kemenkeu Peduli untuk memberikan beberapa bantuan berupa sembako dan alat kebersihan kepada pegawai yang terdampak banjir. Berbekal semangat tinggi, rekan-rekan Itjen yang terbagi menjadi dua tim mengunjungi para pegawai yang terdampak banjir di beberapa wilayah di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.



Tim Jakarta – Tangerang memulai kunjungannya ke daerah Pulo Mas. Sekretaris Itjen Bambang Karuliawasto bergabung bersama rekan-rekan itjen di wilayah Petukangan dan Ciledug. Dampak banjir masih begitu jelas terlihat di lingkungan Muhammad Maulana Reza Auditor, pelaksana Inspektorat V di Ciledug. Ketinggian air ketika banjir mencapai atap rumah, sehingga banyak barang berharga yang tidak bisa diselamatkan. Hal ini disebabkan wilayah rumah pria yang kerap disapa Maul itu berada diantara dua sungai, ditambah dengan adanya tanggul yang jebol. Perjalanan dilanjutkan ke daerah Pondok Aren dan terakhir ke Tangerang. Selain itu, tim Jakarta – Tangerang juga memberikan bantuan ke posko Petukangan dan Pondok Bahari yang terdampak banjir cukup parah.




Tim Bekasi mengunjungi kediaman beberapa pegawai Itjen di daerah Bekasi Barat, Bekasi Utara, dan Bekasi Kota. Inspektur III Alexander Zulkarnaen dan Kepala bagian Umum dan Komunikasi Publik Herlambang pun ikut bergabung dengan tim. Dampak cukup parah dirasakan oleh Canggih Windi Sambodo, Auditor pelaksana Inspektorat VI di daerah Villa Indah Permai di Bekasi utara. Beliau dan keluarga harus mengungsi ke rumah tetangga yang lebih tinggi karena ketinggian air di lingkungan rumahnya mencapai empat puluh sentimeter.  




Di hari berikutnya, rekan-rekan Itjen kembali terbagi menjadi dua tim yaitu Jakarta dan Bekasi. Didampingi Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Arief Rofiadi, tim Bekasi mengunjungi tiga kediaman pegawai yang berada di daerah Tambun, Cibitung, dan Bekasi Timur. Atcep PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) Itjen yang bertempat tinggal di Cibitung merasakan dampak ketinggian air di dalam rumah mencapai enam puluh sentimeter yang mengakibatkan kerusakan seluruh perabot rumah. Sedangkan tim Jakarta mengunjungi pegawai Itjen yang bertempat tinggal di daerah Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Depok. Inspektur Bidang Investigasi Mohammad Dody Fachrudin dan Inspektur V Raden Patrick W ikut pula bergabung bersama tim Jakarta. Tim Jakarta juga menyambangi kediaman Irjen Kemenkeu Sumiyati yang dijadikan posko kesehatan warga Cipinang Melayu. Selain itu, tim Jakarta juga memberikan bantuan ke posko di Kampung Melayu.

Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para korban terdampak banjir awal tahun 2020. Untuk seluruh korban banjir Jabodetabek, semoga keadaan segera pulih dan dapat beraktivitas kembali dengan normal. (muz)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN