Itjen sebagai APIP Harus Terus Bergerak Menjadi Trusted Advisor

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada 2020-01-10 09:54:15
Liputan Utama



 



Jakarta, 10 Januari 2019 – Inspektur Jenderal Sumiyati menekankan bahwa Itjen sebagai  Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) memiliki dua hal yang paling penting dan perlu diperhatikan, yaitu integritas dan profesionalisme. Hal tersebut disampaikan Irjen Sumiyati ketika melantik 24 Pejabat Fungsional Auditor, 8 Pejabat Pengawas, dan 46 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenkeu, siang ini.

“Sebagai APIP, kita dituntut untuk bekerja dengan penuh integritas dan profesionalisme. Integritas untuk APIP tidak hanya untuk menjaga diri sendiri, namun juga untuk yang lebih tinggi, yaitu mitra kita di Kemenkeu”, jelas Irjen Sumiyati.

Terkait integritas, Irjen Sumiyati berpesan kepada teman-teman auditor dan pejabat pengawas Itjen yang baru dilantik agar dapat memperkuat kepatuhan internal di unit masing-masing. Selain itu, mereka juga dituntut untuk melakukan pembinaan integritas kepada para bawahan dan rekan kerja.

Selain itu, Irjen Sumiyati juga menekankan pentingnya kompetensi untuk menjaga profesionalisme. Itjen sebagai APIP terus bergerak dari hanya sebagai watchdog menjadi konsultan, strategic bussiness partner, kemudian menuju trusted advisor. “Untuk menjalankan tugas demikian tidak mudah. Minimal kita memiliki kemampuan yang sama dengan mitra kita”, tegas Sumiyati.

Irjen Sumiyati berharap para pegawai Itjen terus belajar dan mengasah kompetensi. Itjen dapat menjadi mitra bagi setiap unit eselon I untuk memastikan program mereka berjalan dengan baik dan sesuai peraturan. Sehingga dapat berkontribusi positif untuk mencapai cita-cita Kementerian Keuangan. “Pelajari betul peraturan perundang-undangan, bisnis proses dan berbagai hal yang ada di unit tersebut, agar kita bisa mengawal dengan optimal. Sehingga mitra kita dapat fokus mencapai target karena merasa tenang ada yang menjaga”, lanjutnya.

Selain integritas dan profesionalisme, Irjen Sumiyati juga menekankan bahwa Itjen harus terus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang semakin masif. Para pegawai yang baru dilantik diharapkan dapat bekerja dengan lincah, sehingga mampu mengawal perkembangan teknologi serta program reformasi dan pembaruan di Kemenkeu.

Kepada para PNS yang baru dilantik, Irjen Sumiyati berpesan untuk terus patuh terhadap peraturan yang berlaku di Kementerian Keuangan, “Menjadi PNS adalah pilihan. Saya harapkan betul kita semua terus menjaga dan mematuhi berbagai macam aturan yang ada. Nilai-nilai Kemenkeu harus kita jalankan. Jangan sampai apa yang kita lakukan tidak sejalan dengan yang kita ucapkan di sumpah ini”, tutup Sumiyati.

 

 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN