Berjalan Dengan Benar Untuk Berlari Dengan Kencang

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2020-01-31 12:32:02
Berita Utama Liputan Utama Galeri



Jakarta, 29 - 30 Januari 2020 - “Kami harapkan gap antara kami dengan teman-teman Kuningan itu nggak terlalu jauh ya, sehingga kalau diajak kerja sama kita nggak plonga-plongo dan paling nggak kami bisa ngikutin lah”, harap Inspektur Bidang Investigasi. Pesan inilah yang disampaikan Inspektur Bidang Investigasi Mohammad Dody Fachrudin kepada seluruh peserta yang merupakan para auditor di IBI dan Bagian KVKP pada acara Workshop Teknik Khusus Perolehan Informasi dan Data Tertutup dalam Audit Investigasi. Menurutnya,  apa yang dikerjakan oleh para auditor IBi kurang lebih sama dengan apa yang dilakukan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga semestinya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk saling sharing pengalaman. Oleh karena itu, sepanjang kegiatan workshop yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada 29 s.d 30 Januari 2019 melibatkan 6 (enam) narasumber dari KPK.

Sebagai pengantar, Muhammad Indra Furqon menceritakan beberapa pengalamannya beserta narasumber lainnya ketika masih aktif bekerja sebagai intelligence. Di hari pertama, peserta workshop disuguhi berbagai teori terkait intelligence. Sesi pertama terkait pengenalan intelligence yang disampaikan oleh Ambar Soeseno. Dibungkus dengan cerita pengalaman selama menjadi intel di kepolisian, pemaparan berjalan seru dan interaktif. Sesi kedua disampaikan oleh Boyke Richard yang mengajak peserta workshop berpikir cepat dan bermain games terkait identifikasi. Sesi terakhir disampaikan oleh Muhammad Indra Furqon dengan materi terkait observasi dan social engineering.



Hari kedua dibuka dengan penyampaian materi tambahan terkait On Foot ABC oleh May Heksantara kemudian dilanjutkan materi cover story oleh Djumadil Akbar. Berbeda dari hari pertama, kali ini peserta workshop dibagi menjadi beberapa tim dan mempraktekan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Usai istirahat, para peserta praktek langsung ke lapangan layaknya seorang intelejen sungguhan. Mengambil daerah di sekitar lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu, para peserta workshop nampak sangat antusias.

Inspektur Bidang Investigasi menutup kegiatan dengan menyampaikan apresiasi kepada para narasumber atas perkenannya ‘turun gunung mengajari para auditor IBI cara berjalan yang benar terlebih dahulu sebelum bisa berlari kencang. “Mungkin selama ini kami langsung lari, tapi ternyata ada cara jalan yang bener, cara bangun yang bener.” ungkapnya. Apresiasi yang luar biasa juga disampaikan kepada para peserta workshop yang sangat antusias dan serius mengikuti workshop perolehan informasi dan data tertutup  dalam audit investigasi.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN