Pelantikan Eselon 2 Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan

oleh Kurnia Fitri Anidya, diterbitkan pada 2020-02-04 02:11:35
Tanpa Kategori Liputan Utama Berita Utama Galeri


Jakarta -- Bagi Kementerian Keuangan, tantangan sebagai Bendahara Umum Keuangan Negara tidak semakin mudah. Dalam sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa Kementerian Keuangan  harus mampu merespon dinamika global yang semakin tinggi melai kebijakan fiskal yang responsif, serta terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.





Jumat sore (31/1), telah dilaksanakan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.Terdapat tiga pejabat eselon 1 dilantik sebagai Staf Ahli Menkeu yaitu,

1.       Yon Arsal sebagai Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak,

2.       Nufransa Wira Sakti sebagai Staf Ahli Bidang Pengawasan Pajak, dan

3.       Kunta Wibawa Dasa Nugraha sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara.

Sementara itu, Menkeu Sri Mulyani juga melantik empat pejabat Eselon 2 Inspektorat Jenderal di posisi baru yaitu,

1.       Elman Ritonga sebagai Inspektur II,

2.       Robert Gonijaya sebagai Inspektur III,

3.       Setiawan Basuki sebagai Inspektur IV, dan

4.       Alexander Zulkarnain sebagai Inspektur VII.





Menkeu Sri Mulyani menegaskan bahwa dalam pertemuan sebelumnya dengan pejabat eselon 2 dan Irjen Kemenkeu telah menyepakati berbagai prioritas Itjen selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sekaligus pembina dari APIP seluruh Kementerian Lembaga. Itjen Kemenkeu sedang dalam tugas membangun bangunan tata kelola yang tidak hanya baik, tetapi juga efektif. Tata kelola tidak boleh memilih antara compliance dan efektivitas. Sering kali, keduanya tidak berjalan bersamaan dan menjadi pilihan.





Dengan adanya perpindahan posisi dari keempat pejabat eselon 2 Itjen Kemenkeu, diharapkan akan meningkatkan kinerja Itjen, sebagai tangan kanan Menkeu yang selalu diandalkan. Selamat bertugas para Inspektur yang baru!




ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN