AIMI Apresiasi Ruang Laktasi dan Ruang Ramah Anak Itjen

oleh Hafidz Muzakki, diterbitkan pada 2020-02-06 11:33:57
Galeri Liputan Utama Berita Utama




Jakarta, 5 Februari 2019 – Ruang Laktasi dan Ramah Anak Itjen Kemenkeu menyabet Juara I Kompetisi Ruang Laktasi Kategori Institusi Pemerintah yang diselenggarakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Penghargaan diberikan langsung oleh Faradiba selaku Wakil Ketua AIMI sore ini, di Itjen Kemenkeu.

Kompetisi ini diselenggarakan untuk melihat sejauh mana institusi pemerintah telah menyiapkan fasilitas pada karyawati menyusui. Dukungan terhadap kebutuhan menyusui para ibu yang bekerja tidak hanya bermanfaat untuk anak, namun juga kesehatan dan produktivitas ibu, yang akan berkontribusi positif untuk institusi tempat ibu bekerja.



Urgensi penyiapan ruang menyusui ibu juga didukung oleh penelitian yang dilakukan AIMI pada tahun 2015. Penelitian menunjukkan bahwa pada perkantoran pemerintah, hanya 2,3% yang telah memiliki fasilitas ruang laktasi.

Itjen Kemenkeu telah membangun ruang laktasi dan ramah anak sejak tahun 2018. Segala persiapan pembangunan ruang laktasi dilaksanakan mandiri oleh para pegawai Itjen Kemenkeu. Berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi AIMI, ruang laktasi yang dimiliki Itjen Kemenkeu mendapat poin 324 dari 375 dan telah memenuhi berbagai persyaratan ruang dan telah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari fasilitas duduk bersandar, meja, lemari tempat menyimpan peralatan pompa ASI, meja ganti popok, lemari es untuk menyimpan AIP, wastafel, dispenser air, dan fasilitas lainnya.

AIMI berharap Itjen Kemenkeu dapat terus mendukung kenyamanan bekerja para karyawati menyusui dan dapat menjadi rolemodel untuk instansi lain di pemerintahan.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN