War Room Itjen Kemenkeu Kembali Menjadi Tujuan Benchmark Instansi Lain

oleh Aisha Alsakina, diterbitkan pada
Liputan Utama


Jakarta, 10 Maret 2020 – Pagi ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia bertandang ke War Room Inspektorat Jenderal Kemenkeu di lantai 4 gedung Djuanda II. Rombongan yang dipimpin oleh Triantina Arbianti terdiri dari tiga tim yang berasal dari inspektorat, unit sistem informasi, dan unit layanan pengadaan disambut oleh Yudhy Haryantho dan tim.



Triantina mengungkapkan informasi War Room Itjen ini didapat ketika mendengar penjelasan dari Pusintek (Pusat Sistem Informasi Teknologi Keuangan). Hal ini sejalan dengan program kerja probity audit atas pengadaan dashboard perekonomian yang sedang dikembangkan Kemenko Bidang Perekonomian. Trianti sengaja membawa tiga tim dengan bidang yang berbeda-beda, guna mendapatkan pengetahuan secara mendetail mengenai sistem dan pengoperasian War Room Itjen.



Pembangunan infrastuktur Teknologi Informasi yang masif di Kementerian Keuangan membuat Itjen juga harus bergerak lebih cepat. Menyamakan langkah bahkan berusaha selangkah lebih maju agar tetap relevan terhadap perkembangan teknologi. Urgensi perubahan tersebut membawa Itjen Kemenkeu membangun sistem manajemen audit pada tahun 2012 yaitu TeamMate. Saat ini, Itjen Kemenkeu sedang fokus mengembangkan data analytics untuk pengawasan intern yang lebih tepat guna dan sesuai prediksi.


War Room Inspektorat Jenderal merupakan bagian besar dari revolusi IT di Itjen. Tantangan dalam mengoperasikan War Room yang akan dihadapi yaitu pemahaman atas regulasi, business process, dan pemilik data. Terkadang pemilik data masih bingung data apa yang diperlukan stakeholder, termasuk internal unit Itjen sendiri. Untuk itu, cukup perlu dilakukan edukasi bagi pemilik data atas kebutuhan data sehingga tidak ada lagi perbedaan persepsi agar proses penarikan data lebih lancar.


Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan Yudhy Haryanto mengawali dengan menjelaskan gambaran umum War Room. Ia menjelaskan sajian data apa saja yang dikelola di ruang ini. “Pengelolaan data disini dilihat dari kacamata pengawas”, jelasnya. Tak berhenti di situ, Yudhy beserta tim juga mendemonstrasikan langsung proses penarikan data-data dari berbagai dashboard yang terintegrasi ke war room. Pemaparan Yudhy disambut antusias diikuti dengan berbagai pertanyaan hingga ke penjelasan berbagai aplikasi yang ada di Itjen Kemenkeu.


Kemenko Bidang Perekonomian berharap sharing pengetahuan ini tidak berhenti sampai disini. Studi Banding ini sebagai awal pembelajaran dan semakin membuka pintu kerjasama antara Itjen Kemenkeu dengan Kemenko Bidang Perekonomian.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN