Berbagi Pengalaman Audit via Daring Bersama BPKP

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2020-04-07 13:51:53
Galeri Berita Utama Liputan Utama



 



Jakarta, 7 April 2020 - Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini tidak mengurungkan niat para pegawai untuk terus meningkatkan kompetensinya. Melalui aplikasi secara daring, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengundang  Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu untuk sharing pengalaman pengawasan internal di lingkungan nya dalam kegiatan Diklatpim IV BPKP.

Dalam kegiatan ini, Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati, bersama Sekretaris Itjen Bambang Karuliawasto, Kepala Bagian Analisis dan Organisasi Hasil Pengawasan Ahmad Ghufron, Kepala Bagian Sistem Informasi Pengawasan Yudhy Haryanto, dan Auditor Madya Inspektorat VII Nur Sevianto Tahier, menyempatkan waktu untuk memberikan sekilas paparan pengawasan internal  yang diterapkan di Itjen.

Di era industrialisasi 4.0 ini, dimana semua proses bisnis di Kemenkeu sudah berbasis IT, Sumiyati mengatakan bahwa kemampuan menggunakan teknologi IT oleh para auditor Itjen sudah tidak dapat terelakkan, apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.  Itjen dalam tugas dan fungsinya sebagai pengawas internal harus selalu mengawal dari tahap perumusan kebijakan sampai tahap implementasinya. Dalam mengimplentasikan audit berbasis IT, Itjen telah membangun War Room. “Di War Room ini kami dapat memperoleh data dari database pusat Kemenkeu, sehingga teman-teman auditor melakukan berbagai macam analisis untuk keperluan audit.”, jelas Sumiyati.

Berbicara mengenai War Room, Yudhy Haryanto menjelaskan gambaran umum dari ruangan ini, sajian data seperti apa saja yang dapat ditampilkan. Yudhy menggambarkan bahwa pengelolaan data disini dilihat dari kacamata pengawasnya. “Misal mau ambil data piutang pajak, kita tinggal akses dari database, mau dari tahun berapa dan unit apa.”, jelas Yudhy.

Kegiatan pengawasan oleh para auditor tentunya tidak lepas dari dukungan pengawasan dari unit Sekretariat Itjen. Dukungan pengawasan ini dapat berupa direct support (dukungan langsung terhadap manajemen pengawasan) ataupun indirect support (dukungan tidak langsung di luar manajemen pengawasan). Dukungan infrastruktur seperti War Room, Laboratorium Pengawasan Itjen, bahkan penerapan ruang kerja open space juga memudahkan para auditor untuk melakukan exercises dalam berbagai area pengawasan bersama rekan kerja yang lain, terutama data analytic. 

Kepala Pusdiklat Pengawasan BPKP Sally Salamah memberikan apresiasi  kepada narasumber Itjen atas sharing pengalamannya. Sally juga berharap agar rekan-rekan BPKP dapat menanyakan lebih lanjut hal-hal yang masih kurang dipahami dalam upaya peningkatan kompetensinya.

 

 

 


Artikel Terbaru