Rapat Teknis Inspektorat Jenderal Akhir Tahun 2010, Babak Baru Tahun 2011

oleh System User, diterbitkan pada 2010-12-16 00:00:00
Berita Utama


 

Jakarta - (16/12/2010). Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan telah menyelenggarakan Rapat Teknis (Ratnis) Itjen Akhir Tahun 2010. Kegiatan yang dilangsungkan dari tanggal 13 s.d. 15 Desember 2010 merupakan evaluasi atas pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Itjen selama tahun 2010. Selain itu, acara tersebut digelar dalam rangka merumuskan dan menyelaraskan Tema Pengawasan Unggulan (TPU) masing-masing unit di lingkungan Inspektorat dan Kegiatan Pelayanan Unggulan (KPU) di lingkungan Sekretariat Itjen. Ratnis Itjen Akhir Tahun 2010 yang bertempat di Bandung diikuti oleh Plt. Inspektur Jenderal, Sekretaris Itjen, para Inspektur, para Pejabat Fungsional Auditor, dan para pejabat/pegawai di lingkungan Sekretariat Itjen dan Inspektorat. Tema yang diambil dalam Ratnis kali ini adalah “Konsolidasi Kegiatan Pengawasan dalam rangka Optimalisasi Kinerja Tahun 2011."

 

Plt. Inspektur Jenderal, Hadi Rudjito (kiri) didampingi Inspektur VII, M. Rahman Ritza memberi pengarahan dalam Ratnis Akhir Tahun 2010

 

Ratnis Itjen Akhir Tahun 2010 ini dibuka oleh Sekretaris Itjen, Benny M. Limbong. Dalam sambutannya, Sekretaris Itjen mengucapkan selamat datang kepada para peserta Ratnis dan mengharapkan agar Ratnis dilaksanakan secara efektif dan memberikan hasil yang terbaik. Selanjutnya, Plt. Inspektur Jenderal, Hadi Rudjito memberikan sambutan dan arahan kepada para peserta Ratnis untuk merumuskan dan menyelaraskan kegiatan pengawasan dan dukungan pengawasan masing-masing unit di lingkungan Itjen dalam rangka mewujudkan optimalisasi kinerja Itjen pada tahun 2011 dan agar dapat menjawab tantangan di tahun 2011 yang semakin berat. Seiring dengan tema acara,Ratnis Itjen Akhir Tahun 2010 membahas TPU masing-masing unit Inspektorat dan KPU di lingkungan Sekretariat Itjen serta penyelarasannya untuk tahun 2011 yang dibahas oleh 9 (sembilan) komisi. Hasil dari pembahasan TPU dan KPU ini dijadikan  acuan dan dasar untuk kegiatan pengawasan Itjen Kemenkeu pada tahun 2011.

 

Pelaksanaan Kegiatan Ratnis Itjen Akhir Tahun 2010

 

Acara Ratnis yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan capaian IKU Itjen tahun 2010 yang disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana, Roberth Gonijaya serta pemaparan konsep pemilihan, pengembangan, dan pembinaan auditor oleh Kepala Bagian Kepegawaian, Dudung R. Hendratna. Kemudian, acara dilanjutkan dengan presentasi dan pembahasan tentang rumusan TPU pada kegiatan pengawasan di masing-masing Inspektorat serta rumusan KPU di lingkungan Sekretariat Itjen. Presentasi materi Ratnis tersebut dipaparkan oleh Ketua dan perwakilan dari masing-masing komisi (Komisi I s.d. IX). Setelah pembahasan materi Ratnis tersebut, masing-masing komisi merumuskan kembali dan menyempurnakan kegiatan pengawasan seluruh Inspektorat dan kegiatan dukungan pengawasan di Sekretariat.

 

Ratnis Akhir Tahun 2010 ditutup oleh Plt. Inspektur Jenderal, Hadi Rudjito. Dalam penutupannya, beliau mengatakan bahwa eksistensi dan citra Inspektorat Jenderal yang telah dibangun berada di tangan para penjaganya, yaitu seluruh pegawai Itjen yang merupakan ujung tombak pelaksanaan kegiatan tugas dan fungsi Itjen. Beliau berharap agar rumusan-rumusan kegiatan pengawasan unit Inspektorat dan dukungan pengawasan Sekretariat Itjen yang telah disusun tersebut dapat mengoptimalkan peran dan kinerja Itjen Kemenkeu di tahun 2011. (Humas Itjen – 2010).



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN