Mengawal Penyusunan RKA K/L melalui Aplikasi SAKTI

oleh Elzami Haqie, diterbitkan pada 2020-09-10 10:22:39
Berita Utama Liputan Utama Galeri



 

Jakarta, 9 September 2020 - Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) sejatinya merupakan amanah reformasi pengelolaan keuangan negara dan pembangunan nasional. Mulai tahun anggaran 2021, RSPP diimplementasikan dalam penyusunan RKA K/L yang disusun melalui aplikasi SAKTI.

Irjen Kemenkeu Sumiyati dalam beberapa kesempatan sering mengatakan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bertugas melakukan pengawasan mulai dari perencanaan yaitu penyusunan anggaran sampai dengan pertanggungjawaban. Oleh karena itu, Itjen Kemenkeu berinisiatif untuk mengadakan pertemuan dengan APIP K/L dalam rangka Sosialisasi dengan tema: Peran APIP dalam Implementasi Redesain Sistem Perencanaan Dan Penganggaran Melalui SAKTI untuk Penyusunan RKA K/L 2021.

Sosialisasi diselenggarakan pada Rabu (9/9) pagi, dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati. Acara sosialisasi dihadiri oleh seluruh peserta melalui rapat video conference menggunakan aplikasi Zoom. Peserta berasal dari pegawai Itjen Kemenkeu dan APIP Kementerian/Lembaga. Dalam pembukaannya, Sumiyati berpesan kepada para APIP untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dalam melakukan pengawasan.



Sosialisasi bertujuan agar APIP K/L dapat memahami konsep Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran melalui SAKTI, memahami konsep penganggaran berbasis kinerja sehingga mampu melakukan reviu atas RKA maupun revisi anggaran dengan baik dan benar. Serta, mengetahui proses pendaftaran pengguna SAKTI untuk keperluan pengawasan serta memanfaatkannya dalam kegiatan reviu atas RKA maupun revisi anggaran.

Sosialisasi dikemas dalam bentuk diskusi panel ini dimoderatori oleh Inspektur III Itjen Kemenkeu Roberth Gonijaya. Panelis pertama yaitu Plt Direktur Bidang Perekonomian dan Kemaritiman DJA Made Arya Wijaya yang menyampaikan materi terkait konsep, progress dan tindak lanjut RSPP yang saat ini dibangun di Kemenkeu. Berikutnya, Kasubdit Teknologi Informasi Penganggaran DJA Gede Ginarya dan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan DJPb Saiful Islam yang memberikan pemaparan terkait aplikasi SAKTI. Terakhir, Inspektur VI Itjen Kemenkeu Rina Robiati yang menjelaskan pelaksanaan reviu RKA K/L oleh APIP atas implementasi RSPP dan SAKTI dimoderatori oleh Inspektur III.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong APIP K/L terkait dalam melakukan pengawasan yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel terhadap pengelolaan anggaran yang menjadi tugas dan fungsinya masing-masing. Selain itu, diharapkan dengan terselenggaranya acara sosialisasi ini, APIP K/L dapat membantu meminimalisir adanya revisi anggaran yang diajukan oleh K/L; dan mendukung kelancaran proses penetapan Pagu Alokasi Anggaran TA 2021.

 

 

 


Artikel Terbaru