Pengumuman Pemenang Kompetisi Data Analytics

oleh Ichsan Atmaja, diterbitkan pada 2020-10-21 04:29:38
Berita Utama Liputan Utama




Penerapan data analytics di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) semakin digiatkan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas dan fungsi. Dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-74, Kemenkeu menyelenggarakan Kompetisi Data Analytics Kementerian Keuangan 2020.

Kompetisi Data Analytics terdiri dari dua lomba, yaitu Kompetisi Project Data Analytics dan Kompetisi Data Challenge. Berdasarkan data, Kompetisi Project Data Analytics diikuti oleh 27 peserta dan Kompetisi Data Challenge diikuti oleh 67 peserta yang tersebar di seluruh unit Eselon I.

Dari 27 peserta Kompetisi Project Data Analytics, terpilih 5 finalis untuk lanjut ke babak final yang berasal dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Inspektorat Jenderal, dan Badan Kebijakan Fiskal. Pada sesi final ini, 5 finalis memaparkan kembali hasil project tim masing-masing dihadapan para dewan juri dan penonton daring.

“Ini merupakan keputusan yang sulit, karena semua project-nya bagus-bagus”, ujar Sudarto, Ketua Dewan Juri Kompetisi Project Data Analytics.

Berdasarkan keputusan dewan juri, pemenang Kompetisi Project Data Analytics adalah sebagai berikut :

Juara 1 : Penerapan Data Mining sebagai Risk Management pada Dokumen Impor : Studi Kasus Direktorat Jenderal Bea dan Cukai – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan anggota tim :

1. Canrakerta

2. Dewa Gde Adi Murthi Udayana

3. Yohanes Bella Kurniawan

4. Yuafanda Kholfi

 

Juara 2 : Model Artificial Intelligence sebagai Financial Advisor bagi Pemerintah Daerah – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dengan anggota tim :

1. Arifudin Miftakhul Huda

2. Lutfan Jazel Saifurrahman

3. Talitha Adina Rahmadhanty

 

Juara 3 :  Analisis Pemetaan Negara Mitra Potensial dan Posisi Produk Indonesia dalam Perdagangan Internasional – Badan Kebijakan Fiskal dengan anggota tim :

1. Sriyanto

2. Ardhian Dharma Yudha H.

3. Rizal Augusta Arifiandanu

4. M. Ridho Mubaroq


Selanjutnya, pemenang  untuk Kompetisi Data Challenge adalah sebagai berikut :

Juara 1 : Fathi Maulawi Asadullah – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Juara 2 : Agung Pratama – Direktorat Jenderal Pajak

Juara 3 : Bakhtiar Amaludin – Sekretariat Jenderal


Kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini.



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN