Rencanakan Pembentukan Task Force Penegakan Integritas Pegawai Inspektorat Jenderal

oleh System User, diterbitkan pada 2011-12-20 00:00:00
Tanpa Kategori


 

Selasa – Dalam rangka perwujudan Kementerian Keuangan sebagai institusi pemerintahan terbaik, berkualitas, bermartabat, terpercaya, dihormati, dan disegani, maka Kementerian Keuangan menetapkan nilai-nilai Kemenkeu yang terdiri dari 5 nilai, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan.  Penetapan nilai-nilai tersebut merupakan penyatuan atas nilai-nilai yang ada dan tersebar di masing-masing unit Eselon I yang selanjutnya mampu mendukung peningkatan kinerja Kementerian Keuangan. Nilai-nilai yang secara terus menerus dilibatkan dalam segala kegiatan akan menjadi sebuah budaya kerja yang mendorong etos kerja setiap individu di Kemenkeu. Proses internalisasi dinilai menjadi langkah mutlak yang harus dilakukan untuk membentuk karakter kerja pegawai menjadi lebih produktif dan efektif.

 

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di Inspektorat Jenderal, internalisasi nilai-nilai Kemenkeu dilaksanakan melalui pengembangan perangkat internalisasi yang meliputi program pengembangan karakter kepemimpinan (value based leadership), pembentukan unit pengembangan kepemimpinan, program pengembangan agen perubahan (change agents) budaya, penetapan perilaku utama dan indikator kinerja utama, dan beberapa kegiatan lain. Selain itu, dalam hal pengembangan proses internalisasi dapat dilakukan melalui berbagai penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan penerapan nilai-nilai sesuai dengan kaidah perilaku utama seperti diklat regular, diklat teknis pada semua jenjang termasuk inhouse training, serta pembangunan kanal dan sarana komunikasi internal dan eksternal seperti buku saku, banner, website, leaflet, dan lain-lain.

 

Penyusunan stategi, program kegiatan dan action plan terkait dengan penerapan nilai-nilai Kemenkeu

 

Strategi dan metode penerapan nilai-nilai Kemenkeu dalam pelaksaanaan tugas dan fungsi Itjen telah dibahas pada akhir tahun 2011 ini guna memberikan gambaran jelas action plan Itjen di tahun 2012.  Atas pembahasan yang dilakukan pejabat di lingkungan Itjen Kemenkeu, dihasilkan berapa stategi dan program kegiatan yang tersusun dalam matriks rencana aksi nilai-nilai Kemenkeu.  Nilai integritas merupakan salah satu nilai yang cukup penting dan mendaoat pembahasan mendalam, hal ini dikarenakan peran Itjen sebagai aparat pengawas internal pemerintah di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam internalisasi nilai integritas tersebut, Inspektorat Jenderal berencana melakukan revitalisasi integritas Itjen dengan tolok ukur membangun kesadaran komprehensif untuk menjauhkan diri dari perilaku korupsi dan membangun pribadi dan lingkungan yang berintegritas.

 

Dalam pencapaian program tersebut yang menurut rencana akan dilaksanakan mulai awal tahun 2012 ini, Inspektorat Jenderal akan melakukan kegiatan pembentukan task force penegakan integritas pegawai Itjen (atau task force nilai-nilai integritas) guna membentuk task force yang solid dan kompeten.  Selain itu, Inspektorat Jenderal juga akan mencanangkan tahun 2012 sebagai “Tahun Integritas” dan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh pejabat Itjen.  Semua ini dilakukan untuk membangun karakter seluruh pegawai Itjen yang menjunjung tinggi integritas dalam setiap pelaksanaan tugas.

 

Penyusunan stategi, program kegiatan dan action plan terkait dengan penerapan nilai-nilai Kemenkeu

 

Di sisi elemen komunikasi untuk menjaga integritas pegawai, Itjen juga merencanakan kegiatan Integrity Circle Sharing dengan membentuk MPI (Motor Penggerak Integritas) di setiap Eselon II, yang nantinya cascading ke tingkat Eselon IV dan materi integritas dalam bentuk booklets. Selain itu, pelaksanaan diklat anti korupsi dinilai juga memberikan pengaruh positif membangun kesadaran semua pihak akan bahaya dan dampak korupsi. Pembahasan mengenai rencana aksi tersebut merupakan hasil dari rapat kerja komisi pada Rapat Kerja Pimpinan Inspektorat Jenderal 2011 pada 30 November  – 2 Desember 2011 lalu. ( Humas Itjen)



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN