Training Sistem Manajemen Audit TeamMate, Itjen Selangkah Lebih Maju!!

oleh System User, diterbitkan pada 2011-02-18 00:00:00
Berita Utama


 

Jakarta - Di era teknologi komputer yang semakin canggih ini, penggunaan komputer sebagai alat bantu kerja memiliki peranan sangat penting. Pengaruh majunya era globalisasi dan informatika menjadikan komputer sebagai bagian utama yang harus ada di dalam kehidupan kita, khususnya di unit organisasi. Pemakaian komputer di unit organisasi ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Dan tentunya merubah pekerjaan-pekerjaan yang tadinya adalah paper-base menjadi computer-base. Berdasarkan perkembangan tersebut, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen) telah melakukan suatu terobosan dalam melaksanakan tugas dan perannya di bidang pengawasan. Dalam penugasan auditnya, Itjen telah menerapkan penggunaan suatu aplikasi sistem manajemen audit yang diberi nama “TeamMate”. TeamMate ini merupakan aplikasi berisi program kerja audit yang terintegrasi untuk membantu para auditor dalam mengelola dan membagi pekerjaannya. Pekerjaan auditor yang selama ini lebih cenderung berbasis paper, akan diarahkan ke pekerjaan yang berbasis komputer. Selain memudahkan para auditor dalam pekerjaannya, TeamMate juga akan meningkatkan tingkat efesiensi atas penggunaan kertas kerja.

 

Sebagai langkah awal pengimplementasiannya, Itjen telah menyelenggarakan berbagai pelatihan-pelatihan Sistem Manajemen Audit (SMA) TeamMate kepada para pegawainya secara bertahap. Mulai dari Training of Trainer (ToT) SMA TeamMate yang diselenggarakan Itjen pada bulan Nopember 2010 lalu untuk melatih para pegawai Itjen agar dapat membantu percepatan pengenalan TeamMate kepada pegawai Itjen lainnya. Selanjutnya diselenggarakan beberapa pelatihan End User Training SMA TeamMate selama tahun 2010 yang dimotori oleh para pegawai yang telah mengikuti ToT sebelumnya. Pelatihan End User SMA TeamMate dilaksanakan untuk memperkenalkan SMA TeamMate kepada semua auditor dan pegawai Itjen yang akan menggunakan aplikasi TeamMate dalam penugasannya.Pelatihan-pelatihan ini ditujukan tidak hanya para pejabat dan auditor fungsional saja, tetapi juga seluruh pegawai struktural Inspektorat Jenderal dalam rangka memperkenalkan TeamMate sejak dini kepada pegawai yang nantinya akan menjadi auditor fungsional.

 

Pelaksanaan End User Training AMSTeamMate 2011 Inspektorat Jenderal

 

Pelatihan-pelatihan ini dilakukan secara berkesinambungan sejak tahun 2010. Sampai dengan yang terakhir, End User Training SMA TeamMate Angkatan-II Tahun 2011 yang dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 10 Pebruari 2011. Dalam pelaksanaan training tersebut, para peserta diberikan penjelasan mengenai modul sistem aplikasi Electronic Working Paper (EWP) TeamMate serta mempraktikkan serangkaian simulasi penugasan audit menggunakan Sistem Manajemen Audit TeamMate. Simulasi dimulai dari rencana penugasan audit, pelaksanaan langkah kerja pemeriksaan (field work), sampai dengan pembuatan laporan hasil auditPara peserta diarahkan agar dapat memahami alur proses kerja dari aplikasi SMA TeamMate yang telah disesuaikan dengan bisnis proses dan penugasan pengawasan yang dilakukan di tiap-tiap Inspektorat. Secara umum, pengimplementasian TeamMate di Itjen disambut baik dan antusias oleh seluruh pegawai Itjen. Sebagai “brainware” atas aplikasi TeamMate ini yang benar-benar baru diterapkan ini, mereka dituntut usaha yang lebih dalam menerapkan aplikasi TeamMate di Itjen.

 

Sebagai langkah awal, SMA TeamMate diterapkan di Itjen menggunakan metode pilot project. Unit kerja yang menjadi pilot project SMA TeamMate adalah Inspektorat V yang melakukan audit Pengadaan Barang dan Jasa, Inspektorat VI yang melakukan reviu Laporan Keuangan Kementerian Keuangan, dan Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) untukpelaksanaanaudit investigasi. Pelaksanaan pilot project tersebut dimulai pada akhir bulan Januari  2011. Selain merupakan pengguna perdana, mereka juga merupakan penentu keberhasilan pengimplementasian TeamMate di Itjen pertama kali. Pada akhir tahun 2011, diharapkan semua kegiatan pengawasan di Itjen sudah dapat menggunakan aplikasi SMA TeamMate. Dengan adanya TeamMate ini, pelaksanaan penugasan audit di masing-masing unit di Itjen dapat lebih terorganisasi dengan baik, pekerjaan tersusun lebih rapi, serta pengawasan berjalan lebih efektif dan efisien. (humas Itjen).



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN